PKKMB FE UNJ 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 merupakan hari pertama PKKMB FE UNJ 2019 yang bertempat di Aula Latief Gedung Dewi Sartika, Kampus A Universitas Negeri Jakarta yang terlihat dipenuhi oleh mahasiswa baru berslayer oranye. Siapa lagi kalau bukan mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi. Setelah dilaksanakannya pembukaan oleh MC dan sambutan dari Ketua Pelaksana PKKMB FE dan Ketua BEM FE, tidak lupa pembacaan tilawah dan saritilawah oleh perwakilan panitia. Kemudian, dilaksanakannya acara pembukaan tersebut berlangsung resmi ditandai secara simbolis dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Dekan Fakultas Ekonomi, yaitu Bpk. Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M. Bus.

Pada pembukaan tersebut, terdapat beberapa agenda di antaranya pengenalan Dosen Fakultas Ekonomi oleh Bpk. Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M. Bus. Kemudian, dilanjutkan dengan materi mengenai akademik yang disampaikan oleh Bpk. Usep Suhud, PhD selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik. Beliau menyampaikan mengenai isi dari buku pedoman akademik mahasiswa yang dapat diunduh melalui web Fakultas Ekonomi.

Kemudian, terdapat juga materi dari Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, yaitu Bpk. Dr. Ari Saptono, SE, M.Pd. Beliau menyampaikan materi mengenai keuangan mahasiswa berkaitan dengan UKT yang sering dikeluhkan, menjelaskan tentang UKT dan pengaduan UKT jika ada keluhan. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang subsidi silang yang menjadi alasan mengapa ada 8 grade Uang Kuliah Tunggal (UKT).
Selanjutnya, dilanjutkan dengan materi ketiga oleh Bpk Dr. Indra Pahala, M.Si., selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Beliau menyampaikan tentang kegiatan mahasiswa (organisasi) dan prestasi mahasiswa. Lalu, belaiu juga mengenalkan organisasi internal Gedung L atau internal FE dan mensosialisasikan rangkaian kegiatan PKKMB dan Magnet FE sebagai kegiatan wajib untuk mahasiswa baru Fakultas Ekonomi.

Dilanjutkan oleh penampilan tari saman oleh Ratoeh Jaroe FE sebagai bentuk sambutan oleh kepada mahasiswa baru. Kemudian, acara kembali ke materi keempat mengenai fasilitas dan layanan mahasiswa oleh Koordinator Lab. Microteaching, yaitu Ibu Dewi Nurmalasari, S.Pd, M.Si., yang membahas tentang cuti kuliah, denah Gedung Kampus A UNJ, alur pindah kuliah, dan lain sebagainya.
Selanjutnya, materi kelima oleh Bpk Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak., yang menjelaskan tentang peran perguruan tinggi pada era Revolusi Industri 4.0. Beliau membahas tentang Revolusi Industri satu sampai empat secara singkat dan membahas inti dari Revolusi Industri 4.0 (Big data, digital economy, AI, robotics, dan lain sebagainya). Selain itu, beliau juga membahas skill yang dibutuhkan mahasiswa saat ini.
Materi terakhir mengenai pengenalan nilai budaya, etika, dan karakter mahasiswa Fakultas Ekonomi oleh Bpk Muhammad Yusuf, SE., M.M.
Setelah istirahat, salat, dan makan, agenda selanjutnya, yaitu talkshow mahasiswa oleh perwakilan dari Mawapres FE UNJ dan beberapa mahasiswa yang menginspirasi yang membahas tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres).
Pada hari kedua PKKMB FE tepat tanggal 23 Agustus 2019, semangat mahasiswa baru masih membara.

Pada hari kedua ini, mahasiswa baru diberikan materi mengenai plagiarisme. Plagiarisme merupakan tindakan yang biasanya banyak dilakukan orang dengan menjiplak karya orang lain tanpa menuliskan sumbernya. Fakultas Ekonomi sendiri memiliki program turnitin untuk mencegah terjadinya plagiarisme pada mahasiswanya. Selain itu, mahasiswa baru juga diajak bermain game. Game yang dimainkan adalah debat mengenai pemindahan ibukota Indonesia. Game dilakukan dengan perwakilan empat mahasiswa baru yang dibagi menjadi dua tim. Setiap timnya berjumlah dua orang. Game ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa baru ketika berbicara dihadapan orang banyak.

Foto oleh Anggi

Hari kedua juga diisi dengan kapita selekta lembaga yang berada di Fakultas Ekonomi. Setiap lembaga memperkenalkan dirinya dengan berbagai macam cara yang unik dan menarik. Antusias yang tinggi ditunjukkan mahasiswa baru setiap kali Lembaga FE tampil dengan memberikan tepuk tangan yang meriah serta mengikuti jargon-jargon dari setiap lembaga. Acara PKKMB FE UNJ 2019 juga diisi dengan adanya materi dari Direktur Utama Bank BTN mengenai entrepreneur serta pemberian hadiah 5 buah sepeda kepada mahasiswa baru.

PKKMB FE UNJ 2019 berakhir di hari kedua. Setelah PKKMB mahasiswa baru Fakultas Ekonomi juga akan mengikuti kegiatan Magnet (Mahasiswa Generasi Terbaik). (SVA/LRI/MSA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *