Meriahnya Kajian Eksternal dan Diskusi Umum Ke-6

Kamis, 26 september 2016 telah diselenggarakan kembali Kajian Eksternal dan Diskusi Umum (Kalsium) yang ke-6 dengan mengusung tema yang berjudul “Improve mindset and skill development of milinieals in digital economy era” yang diselenggarakan di Aula Mahftuchah Yusuf lantai 2, gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ. Acara seminar yang menghadirkan tiga pembicara hebat ini dibagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama dengan pembicara Afif Akbar Iskandar (AI Scientist), dan Nurul Fadilahsalasa pemilik PT. Nusantara Tiga Abadi. Kemudian di sesi kedua pembicara dari Dosen Fakultas Ekonomi, yaitu Shandy Aditya, BIB., MPBS., yang juga sebagai Founder Entrepreneur Club dan Start Up UNJ Community.

Foto oleh HPD Kalsium

Acara yang dimulai pukul 12.00 ini cukup banyak dihadiri peserta yang datang, acara dibuka oleh Faiz dan Risma selaku MC kemudian dilanjutkan dengan tilawah dan sari tilawah yang dibacakan oleh Tri dan Shinta, lalu diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin, kemudian acara dilanjutkan sambutan oleh Ketua Pelaksana, yaitu Fahmi Ardiansyah dan sambutan dari M. Rifki Septiawan selaku Pemimpin Umum EconoChannel kabinet Confidence. Selanjutnya sambutan dari Bpk. Dr. Indra Pahala, M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Acara dilanjutkan dengan sesi pertama yang diisi materi satu oleh Afif Akbar Iskandar dengan materi “Industri 4.0”. Kemudian dilanjut materi kedua oleh Nurul Fadilahsalasa yang menyampaikan bahwa mindset kita adalah cerminan masa depan kita. Ia menceritakan bagaimana membangun usahanya sejak usia 19 tahun hingga bisa mendirikan perusahaan dan bagaimana seorang Nurul Fadilahsalasa bangkit dan kembali mengingat tujuan awal saat bisnisnya terpuruk akibat ditipu oleh karyawannya sendiri dan ia menyampaikan bahwa “Apa yang kamu pikirkan adalah apa yang akan kamu ucapkan. Apa yang kamu ucapkan adalah apa yang akan kamu lakukan. Apa yang akan kamu lakukan adalah apa yang akan menjadi kebiasaanmu. Apa yang menjadi kebiasaanmu adalah apa yang akan menjadi karaktermu. Apa yang menjadi karaktermu adalah apa yang akan menjadi masa depanmu.”

Foto oleh HPD Kalsium

Kemudian dibuka sesi tanya jawab, salah satunya adalah Bunga dari Fakultas Bahasa dan Seni ia menanyakan tentang bagaimana mahasiswa yang introvert untuk survive di era ekonomi ini, kemudian dijawab oleh Afif Akbar Iskandar bahwa jangan jadikan diri pandangan introvert dalam diri kita batas untuk kita melakukan suatu hal, belajar melatih diri untuk berani melawan rasa takut kita dan mulailah fokus pada apa yang ingin kita kembangkan.

Setelah sesi pertama acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari mikart dengan membawakan beberapa lagu. Selanjutnya, sesi kedua dengan pembicara Shandy Aditya, BIB., MPBS., dengan tema “Facing IR 4.0, Are You Ready?” ia menyampaikan bahwa di era ini semua serba digital, menuntut kita menjadi pribadi yang suka tantangan dengan inovasi-inovasi yang kita kembangkan karena kebanyakan generasi milenial sekarang takut mencoba sesuatu hal, overthinking, dan tidak sabaran padahal semua orang bisa merasakan hasil tetapi tidak semua orang bisa merasakan proses. Oleh karena itu, kita generasi milenial di era ini harus open minded, multitasking, belajar yang banyak, percaya diri, jangan takut mencoba, dan kita belajar terbiasa menjadi pribadi yang critical thinking untuk mengatasi masalah, kreativitas tanpa batas, serta komunikasi yang baik dengan mentransfer informasi yang seluas-luasnya. Di era ini juga kita perlu kolaborasi alam menciptakan suatu hal, dan kemampuan mengolah skill managerial, tidak lupa networking yang luas di mana pun kita berada karena relasi itu penting.

Foto oleh HPD Kalsium

Pak Shandy juga memberikan tips lima pemikiran yang awet lintas jaman yaitu disiplin, creating mind, orang yang menghormati, orang yang beretika, dan orang yang selalu bersyukur.

“Acaranya keren dengan tiga pembicara yang memberikan materi yang sangat bermanfaat untuk memotivasi saya untuk berani memulai suatu hal, sarannya semoga acara seperti ini terus diselenggarakan setiap tahunnya dengan kemasan yang lebih bagus dan menarik lagi, semoga acara selanjutnya lebih diperhatikan lagi untuk sound dari mic-nya yang sedikit mengganggu, tetapi semuanya udah bagus,” salah satu pesan dan kesan dari Elsa Septiana peserta Kalsium 6.

Sepanjang acara berlangsung meriah dan lancar, acara ini cukup menyadarkan kita tentang tantangan dan ancaman di era ekonomi yang mengharuskan kita untuk mengolah mindset dan mengembangkan kemampuan kita sebagai generasi milenial agar tidak tertinggal dan tergerus zaman, harapannya acara Kalsium selanjutnya akan lebih baik lagi dan semakin memberikan manfaat yang besar untuk semua yang hadir.

Foto oleh HPD

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah lomba Economic Writing Competition (EWC) oleh divisi reporter . (CDF/DV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio