Program Pengabdian kepada Masyarakat oleh Fakultas Ekonomi di Desa Sagara

Bekasi, 04 September 2019

Program Pengabdian kepada Masyarakat merupakan program desa binaan oleh Dosen Fakultas Ekonomi UNJ yang akan membina masyarakat. Salah satu desa yang dipilih untuk dibina adalah Desa Sagara Jaya. Dosen-dosen Fakultas Ekonomi membina  ibu – ibu, para pemilik usaha lokal serta anggota kelurahan Desa Sagara Jaya untuk dapat mengelola usaha-usaha yang mereka miliki agar lebih baik dalam mengelola laporan keuangan, memahami cara  mengembangkan usaha serta mengimplementasikan penjualan yang unik sehingga usaha mereka bisa lebih menarik lagi. Program ini dilaksanakan secara berkala oleh Fakultas Ekonomi dan diselenggarakan pada awal tahun ataupun tengah tahun secara periodik maupun multi tahun.

Tidak hanya dosen yang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tetapi mahasiswa juga diikutsertakan dalam kegiatan ini. Hal ini bertujuan agar mahasiswa turut aktif dalam kegiatan di luar akademik.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sagara Jaya ini, diketuai oleh Dr. Siti Nurjanah, M.Si. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdapat 7 kelompok yang membawa materi-materi seperti sosialisasi general education, strategi penjualan produk, pelatihan kewirausahaan  pengolahan rengginang sebagai produk lokal, pembinaan pelaporan keuangan, penerapan aplikasi pelaporan keuangan “Single Entry” dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), implementasi unique selling proposition dan strategi penentuan harga jual, serta pelatihan penganggaran bisnis usaha kecil.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dan berkelanjutan bagi masyarakat Desa Sagara Jaya dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Sehingga, ada output yang baik dari acara ini, salah satunya adalah masyarakat desa yang memiliki usaha ataupun belum, dapat memulai usahanya dengan lebih baik dan teratur.

Dokumentasi:

    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri