BATC 2020 : Bendera Indonesia di Posisi Tertinggi

Foto oleh : PBSI

Setelah tim putri kandas di tangan tim Jepang pada babak perempat final, lain ceritanya dengan tim putra Indonesia, mereka berhasil menjuarai ajang Badmintom Asia Team Championship 2020. Torehan gelar ini merupakan gelar ke-3 untuk tim putra Indonesia setelah berhasil membuat tim Malaysia bertekuk lutut dengan poin 3-1.

Perhelatan yang diselenggarakan di Rizal Memorial Coliseum mengharuskan pertemuan antara tunggal putra pertama Indonesia  Anthony Sinisuka Ginting, dengan tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia. Pertandingan pertama itu berhasil dimenangkan Ginting dengan dua gim langsung melalui skor 22-20 dan 21-16. Meski pada gim pertama Ginting harus melalui pertarungan yang sengit dan membuatnya harus tetap bertahan,pada akhirnya Ginting tetap berhasil mencetak poin kemenangan pertama untuk Indonesia.

Foto Oleh : PBSI

Partai kedua datang dari ganda putra pertama antara pasangan nomor 1 dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Pertarungan sengit  juga terjadi antar kedua pasangan, namun The Minions (sapaan para penggemar untuk Gideon/Sukamuljo) berhasil merebut gim pertama dengan skor 22-20. Seakan tak ingin membuat permainan menjadi rubber game, The Minions menumbangkan wakil Malaysia di gim kedua dengan skor 21-16 dan menambah poin keunggulan Indonesia menjadi 2-0 atas Malaysia.

Sayangnya, di partai berikutnya yaitu tunggal putra kedua, Jonatan Christie belum berhasil menyumbang poin untuk Indonesia. Pertandingan antara Jonatan melawan Cheam June Wei itu berhasil dituntaskan dengan baik oleh Cheam melalui skor 16-21, 21-17, dan 22-24. Pertandingan sengit di gim ketiga itu mengantarkan Cheam membawa poin kemenangan pertama untuk Malaysia, 2-1.

Ada sesuatu yang baru dalam partai ganda putra kedua. Mohammad Ahsan yang kali ini dipasangkan dengan Fajar Alfian membawa Indonesia memenangi laga kontra Malaysia. Meskipun Ahsan/Fajar merupakan pasangan baru, mereka menunjukan bakat kerjasamanya sehingga menyumbangkan poin kemenangan untuk Indonesia 3-1 atas Malaysia dengan skor 21-18 dan 21-17. Kemenangan Ahsan/Fajar atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi pun menutup perhelatan BATC 2020 yang diselenggarakan di Manila, Filipina pada 16 Februari 2020. Selamat untuk tim Indonesia, semoga jaya selalu! (DHZ/RFH).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
marsbahis