Kadal 166 : Lima Fakta Unik Teh Hijau: Bikin Awet Muda Hingga Langsing!

Foto dari : Pinterest

Memasuki musim hujan saat ini, teh hijau rasanya dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Selain hangat dan rasanya yang enak, ternyata teh ini banyak manfaatnya, lho! Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau, mulai dari kesehatan hingga kecantikan, yaitu:

1. Antioksidan
Sejumlah peneliti mengatakan bahwa teh hijau dan teh hitam memiliki sifat antioksidan masing-masing. Teh hijau mengandung catechin dan kaempferol sebagai antioksidan, sedangkan teh hitam memiliki quercetin dan theaflavin.

2. Anti Kanker
Meminum teh hijau tidak menjamin 100% aman dari kanker, meski minuman ini banyak dianggap bisa mencegah kanker. Alasannya, sel kanker juga belum diketahui dengan pasti asal mulanya. Namun, kandungan antioksidan di dalam teh hijau memang berfungsi mencegah kanker jika diminum secara rutin.

3. Mengendalikan Gula Darah
Jika menyeduh teh hijau tanpa pemanis atau gula tentu akan menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi, jika teh hijau dinilai bisa mengendalikan gula darah, itu tergantung pada cara meraciknya. Jika tetap menggunakan gula, tetap saja gula darah tak terkendali. Kuncinya adalah asupan pola makan, tidak cukup hanya dengan minum teh hijau. Bisa dibilang bahwa teh hijau hanya sebagai pelengkap atau salah satu cara untuk mengendalikan gula darah.

4. Kantungnya Membuat Awet Muda
Teh hijau sudah lama diketahui mempunyai manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kulit. Kandungan antioksidan, antiiflamasi, dan antibakterinya melindungi kulit dari penuaan dini, kerusakan akibat sinar matahari, inflamasi, dan sensitivitas. Selain itu, teh hijau dapat menyapu radikal bebas dari tubuh kita untuk mencegah kerusakan jaringan kulit. Sifat katekin di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

5. Menurunkan Berat Badan
Fakta ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan para peneliti. Menurut peneliti, semua jenis teh hanya memiliki 1 kalori per 100 ml sajian, baik itu teh hijau atau hitam. Selain rendah kalori, teh hijau juga dapat membantu membakar lemak.

Jika berniat menurunkan berat badan maka hindari penambahan gula meski sedikit. Cukup seduh teh hijau dengan air hangat. Kemudian, saat rebusan air sudah menimbulkan gelombang kecil segera tuangkan pada kantong teh. Biarkan teh meresap selama dua hingga empat menit. Setelah itu, teh hijau dapat dikonsumsi saat masih segar dan hangat.

Research and Development by Diah Nuraini
Edited by Mahda Rida Aulia

Source : 

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4146512/5-fakta-teh-hijau-yang-cocok-diminum-di-musim-hujan

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4297867/4-manfaat-kantong-teh-hijau-bekas-untuk-perawatan-wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *