Kadal 171 : Mempertajam Penglihatan dengan Mengonsumsi Wortel

Pada era sekarang ini, perkembangan teknologi semakin baik. Hampir semua kegiatan dilakukan melalui teknologi digital termasuk pembelajaran. Pandemi COVID-19 membuat pembelajaran daring pun mulai diterapkan dan membuat seseorang menjadi terfokus pada layar  komputer maupun ponsel setiap harinya. Hal ini dapat memicu gangguan kesehatan terutama dalam penglihatan.

Wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, karena mengandung beta karotena dan lutein. Kandungan tersebut sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan mata, yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan beta karotena yang masuk ke tubuh akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Pada malam hari penglihatan seseorang akan berjalan secara baik, karena sudah adanya penyesuaian yang dilakukan oleh vitamin A tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, menurut  The Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, kebutuhan vitamin A harian untuk orang dewasa adalah:

  • Pria usia 14 tahun keatas membutuhkan sekitar 900 mcg vitamin A setiap harinya.
  • Wanita usia 14 tahun keatas membutuhkan sekitar 700 mcg vitamin A setiap harinya.

Perlu diketahui bahwa vitamin A pada wortel tidak dapat memperbaiki kerusakan penglihatan yang sudah didapatkan sejak lahir. Hal itu dikarenakan tubuh hanya bisa mengubah beberapa koraten dalam satu waktu. Sehingga untuk pemulihan gangguan sejak lahir tidak bisa hanya mengonsumsi wortel saja, melainkan harus ada pengobatan lebih lanjut.

Penglihatan merupakan salah satu hal penting dalam diri seseorang, karena dengan adanya penglihatan yang jelas maka akan membantu melihat indahnya dunia luar dan dapat membantu pekerjaan manusia, maka dari itu, mengonsumsi wortel sudah seharusnya diterapkan sejak dini, karena perkembangan zaman dalam dunia digital akan terus berlanjut, sehingga kesehatan mata harus tetap terjaga.

Mulai sekarang rajinlah mengonsumsi wortel untuk kesehatan mata, tetapi jangan berlebihan karena dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya.

 

Research and Development By Rima Oktapiani

Edited by Siti Ukhfiya

Sumber:

Turangan, L. (2016, Oktober 10). Benarkah Wortel Bisa Perbaiki Penglihatan? Retrieved Maret 18, 2021, from https://health.kompas.com/read/2016/10/10/214500023/benarkah.wortel.bisa.perbaiki.penglihatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri