Sumber: https://twitter.com/sukatahuu

Makna Hari Kartini: Mendorong Kepercayaan Diri Perempuan dalam Berkarier

Pada tanggal 21 April merupakan momen istimewa bagi kaum perempuan di Indonesia. Lantaran pada tanggal itulah diperingatiHari Kartini. Peringatan Hari Kartini ini sebagai bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau R.A Kartini, pahlawan pelopor emansipasi wanita Indonesia.Kartini adalah sosok modern yang berasal dari masa lalu, ia pantas dikenang dan diketahui kisahnya oleh perempuan-perempuan Indonesia. Kartini menjadi pelopor agar kaum perempuan bisa mendapatkan hak yang adil dan seimbang dengan kaumlaki-laki. Hasil pemikiran, perlawanan, dan perjuangan Kartini di masa lalu meninggalkan makna yang kuat bagi perempuan-perempuan di masa kini.

Berkat Kartini, perempuan masa kini bisamendapat kesetaraan untuk bebas berkarya dan menuangkanpassion mereka dalam segala bidang. Perempuan bisa bekerja dengan berbagai bentuk dan cara yang beragam di era modern seperti sekarang ini. Perempuan didorong untuk melawan stereotip bahwa dirinya mempunyai status dan kemampuan yang setara dengan laki-laki. Dari berbagai bidang dan jabatan pun saat ini rasanya sudah tidakasing lagi menemukan sosok perempuan yang ikut terlibat dalam memajukan perusahaan. Kondisi ini menunjukkan bahwa banyak perempuan berkualitas yang bisa bersaing.

Perempuan saat ini harus merasa yakin dan percaya diri bahwa dirinya memang memiliki status dan kemampuan yang setara dengan laki-laki, bahkan harus memahami bahwa dirinya dengan tugas kodratnya memiliki hak yang lebih daripada laki-laki. Perempuan masa kiniadalah perempuan yang memiliki semangat juang tinggi, kepercayaan diri, yakin terhadap kemampuan yang dimilikinya, dan memiliki prinsip hidup yang kuat. Di era modernseperti sekarang ini,rasanya sudahtidak ada lagi sesuatu yang mustahiluntuk dapat dilakukan oleh kaum perempuan.

Hari Kartini menjadi sebuah peringatan untuk kaumperempuan agar terus bersinar, percaya diri, dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian dan cita-citanya. Dengan melakukan hal-hal positif yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, perlu terus dilakukan oleh perempuan-perempuan Indonesia dalam mengisi hidupnya. Nilai-nilai kepemimpinan dalam diri seorang perempuan tercermin dari kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab yang ia miliki, serta kepercayaan diri dimulai dari apa yang kita sukai. Oleh karena itu, temukan satu hal yang paling kita sukai dan lakukanlah sesering mungkin. Apabila di awal sudah tercipta kepercayaan diri, maka akan lebih mudah menjalankan semuanya dengan lebih positif.

Selamat Hari Kartini, semoga perayaan Kartini ditahun ini dan juga tahun-tahun mendatang bukan hanya sekadar merayakan dengan kegiatan-kegiatan, tetapi dengan dapat munculnya sosok Kartini-Kartini baru yang menginspirasi seperti Ibu R.A Kartini.

 

Sumber: publicdomainvectors.org

Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.” – R.A Kartini. (SD/KAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio