Kadal 176 : TREN KOPI KEKINIAN, GENERASI MILENIAL JADI KECANDUAN

Dahulu, ngopi sering dikatakan sebagai kegiatan orang tua. Namun, saat ini dengan adanya perkembangan zaman, istilah ngopi menjadi hal yang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari remaja hingga dewasa. Tak heran jika banyak bermunculan bisnis coffee shop kekinian belakangan ini. Hal tersebut menjadi peluang besar bagi orang yang membuka usaha. Selain itu, dari sisi petani pun banyak yang disejahterakan mengingat kualitas dan reputasi biji kopi Indonesia yang selalu menempati posisi teratas di dunia.

Kata kopi yang kita kenal saat ini berasal dari bahasa Turki yaitu, kahveh yang kemudian belakangan menjadi koffie dalam bahasa Belanda dan coffee dalam bahasa Inggris. Kata tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kopi. Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer.

Kopi sering dijadikan minuman wajib dikonsumsi setiap hari bagi sebagian orang, hal itu karena kopi diyakini dapat menjadi penambah energi saat memulai hari. Bahkan, kini kopi menjadi teman setia saat nongkrong dengan teman atau sambil kerja. Melansir Healthline, seduhan kopi mengandung antioksidan dan mineral penting. Di antaranya riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

Menyesap kopi diyakini dapat membuat tubuh menjadi lebih terjaga dan mampu mengusir rasa kantuk. Di samping itu, kopi dapat memberikan pengaruh pada otak seseorang untuk membantu tubuh mengurangi stres dan depresi yang dialami. Namun sebaliknya, hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan karena dapat menyebabkan kecanduan dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Tren kopi di Indonesia belakangan ini mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini minum kopi bukan hanya sekadar aktivitas, tetapi sudah berkembang menjadi gaya hidup. Kopi menjadi tren kekinian karena kebiasaan atau budaya nongkrong generasi milenial sehingga meningkatnya daya beli konsumen, harganya yang cukup terjangkau dengan kualitas yang dapat bersaing serta kemasan simpel menjadi daya tariknya tersendiri.

Hadirnya coffee shop sebagai alternatif generasi milenial untuk menikmati secangkir kopi dan saling bercengkerama hingga bertukar pikiran. Tak hanya itu, zaman sekarang ini para anak muda jadi tempat bagus atau tempat yang instagramable untuk berfoto dan mempostingnya di media sosial.

 

Research and Development by Neiska Anlinia

Edited by Tari Riskianti

 

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/12/04/080800568/8-manfaat-minum-kopi-di-pagi-hari?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri