Sumber: Medcom.id

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Sejak mulai merebak kasus COVID-19 di Wuhan pada Desember 2019, telah menyebabkan masalah kesehatan di seluruh dunia. Dalam kurun waktu enam bulan, kasus positif terpapar COVID-19 telah mencapai lebih dari 3,9 juta jiwa. Para ilmuwan telah mencari berbagai cara untuk menghentikan penyebaran dengan mematuhi protokol kesehatan, isolasi mandiri, dan jaga jarak.

Sistem imun adalah sel-sel dan struktur biologis lain yang bertanggung jawab atas pertahanan tubuh suatu organisme untuk melindungi diri dari pengaruh biologis luar. Sistem imun yang dimiliki manusia memiliki pelindung berlapis. Pelindung fisik seperti kulit dan membran mukosa merupakan first line defense yang mencegah masuknya semua jenis patogen ke dalam tubuh manusia. Saat tubuh manusia terinfeksi patogen tersebut, tubuh sudah mengenal patogen itu dan dapat menghasilkan antibodi dengan lebih cepat.

Sistem daya tahan tubuh bisa dipahami secara sederhana sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar kita bisa terhindar dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit.

Sumber: aladokter.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Makanan kaya akan vitamin C
Melansir Verywell Health, nutrisi antioksidan yang terkandung dalam vitamin C terbukti bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan asupan vitamin C secara alami, tambahkan beberapa makanan kaya vitamin C berikut ke dalam menu sehari-hari, antara lain:
a. Buah jeruk;
b. Buah kiwi;
c. Paprika merah dan hijau;
d. Brokoli;
e. Stroberi.

2. Makanan kaya akan vitamin E
Seperti vitamin C, vitamin E juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Penelitian menunjukkan, mengonsumsi vitamin E yang cukup dapat menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap prima, terutama bagi kalangan lansia. Untuk meningkatkan asupan vitamin E secara alami, konsumsi beberapa jenis makanan berikut:
a. Minyak biji gandum;
b. Kacang almond;
c. Biji bunga matahari;
d. Jenis kacang-kacangan lainnya.

3. Asupan yang banyak mengandung zinc
Seng atau zinc adalah mineral penting yang terlibat dalam produksi sel kekebalan tertentu. Kekurangan zinc dalam kadar yang sangat kecil sudah bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh. Untuk itu, jangan lewatkan asupan kaya zinc ke dalam deretan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehari-hari. Beberapa di antaranya:
a. Tiram;
b. Kacang panggang;
c. Kacang mete;
d. Kismis;
e. Buncis.

(AF/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *