Tips Mengenali Diri Sendiri Melalui Minat dan Bakat

Dalam mengenali diri sendiri tentunya kita harus mengenali minat dan bakat dalam diri kita sendiri karena setelah kita mengetahui minat dan bakat yang kita punya, kita dapat mengetahui diri kita lebih dalam. Berikut cara untuk mengetahui minat dan bakat yang kita punya:

1. Temukan hal yang kita sukai

Menemukan hal yang disukai bukan hal mudah bagi sebagian orang. Adakalanya kamu menyukai beberapa hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Akhirnya, sulit untuk mengetahui mana yang lebih disukai atau yang diprioritaskan. Nah, cobalah untuk menyaring ini, dan temukan hal yang paling kalian sukai dan ingin dilakukan setiap saat. Cara ini bisa membantu kamu dalam menemukan bakat terpendam yang ada di dalam dirimu.

2. Tulis semua hal yang kamu sukai

Setelah mengetahui hal-hal yang paling kamu sukai, tuangkan minat kamu ini ke dalam tulisan. Dengan menuliskannya, kamu bisa lebih mudah mengenali dan memilih minat mana yang paling sesuai dengan dirimu. Masih ingat kan apa itu minat? Yup, minat merupakan dorongan atau keinginan dalam diri seseorang pada objek tertentu.

3. Latih Hal yang Disukai

Bakat tidak akan pernah menjadi sebuah bakat jika hanya dipendam saja.  Jika kamu sudah mengetahui bakat yang kamu miliki tapi hanya diam saja dan tidak mencoba melakukan atau memanfaatkannya dan melatihnya itu sama saja percuma. Cobalah latih hal apa yang menurut kamu menjadi poin lebih dan juga hal yang dianggap disukai.

4. Tanyakan orang terdekat

Sebagai orang yang kalian percaya, teman bisa menjadi juri paling adil dalam banyak hal, termasuk menemukan bakat kalian. Tanyakan pada mereka tentang kualitas kalian. Tanyakan seberapa jauh usaha yang sudah kamu lakukan, apakah menurut mereka kamu maksimal dalam mengerjakan segala sesuatu, apakah sudah sesuai ataupun sudah bagus hasilnya atau belum. Dengan begitu kamu juga tidak menghabiskan waktu dengan sia-sia saja.

5. Ikuti tes bakat

Cara ini mungkin adalah cara paling mudah dan juga cepat yang dilakukan, mengikuti tes minat dan bakat untuk membantu mengarahkan ke jalan yang sesuai dengan bakat serta minat kamu. Dengan mengikuti tes akan membantu memperjelas apa sih sebenarnya bakat utama kamu tanpa perlu susah payah. Hasil tes bakat menunjukkan kalau kamu akan bisa berkarya di bidang tertentu misalnya, bidang teknik, psikologi, dll. Namun konon minatlah yang membuatmu bisa menjalaninya dengan bahagia.

Demikian beberapa cara mengetahui bakat dan minat diri sendiri agar mampu membantu kita untuk mengenali diri kita lebih dalam lagi.

(JTP/UKH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *