Ekspresi Perayaan Kemerdekaan akan Berpindah ke Platform Digital?

Perayaan HUT RI Ke-76 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus tahun ini adalah tahun kedua Indonesia merayakan kemerdekaannya di tengah pandemi COVID-19. Tahun lalu, perayaan HUT RI hanya digelar acara kenegaraan saja. Situasi pandemi COVID-19 yang masih merebak di seluruh Indonesia membuat masyarakat harus membatasi mobilitas dan aktivitas tatap muka. Meski demikian, pemerintah tidak ingin gegap gempita masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan surut begitu saja. Ya, masyarakat dari Sabang sampai Merauke tetap bisa merayakan HUT RI dengan semarak dan khidmat dengan mengikuti festival kemerdekaan secara virtual di Bulan Kemerdekaan.

Sumber: https://mantrapandeglang.pikiran-rakyat.com/

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengatakan dalam acara peluncuran Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital yang juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate dan Staf Khusus Kepresidenan RI yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia (RDI) Putri Tanjung secara virtual pada Jumat (30/7), bahwa Rumah Digital Indonesia merupakan wadah bagi masyarakat untuk berpartisipasi merayakan Bulan Kemerdekaan secara virtual yang akan digelar mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2021.

“Rumah Digital Indonesia hadir untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi dan situasi pandemi yang menghalangi kita berkumpul untuk merayakan kemerdekaan secara langsung.”

Sumber: kemlu.go.id

Dilansir dari www.rumahdigitalindonesia.id, Rumah Digital Indonesia di Bulan Kemerdekaan adalah festival kemerdekaan virtual pertama di Indonesia, di mana masyarakat bisa merayakan kemerdekaan dengan pengalaman yang berbeda. Melalui Rumah Digital Indonesia, masyarakat dapat menikmati berbagai hiburan kesenian dan budaya, perlombaan khas kemerdekaan, dan juga belanja produk UMKM unggulan dari 34 provinsi di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan Rumah Digital Indonesia akan menjadi bagian yang penting dalam peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Keberadaan Rumah Digital Indonesia juga disebut merupakan wujud dari ketangguhan bangsa dan negara Indonesia, karena mampu berdaya dalam dunia digital.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung mengatakan melalui Rumah Digital Indonesia, perayaan kemerdekaan dapat dilakukan tanpa sekat. Ia menambahkan bahwa dengan bantuan teknologi, dapat mendesain sebuah dunia virtual untuk mewadahi masyarakat Indonesia merayakan kemerdekaan. Lantas, apa saja yang ada di dalam rangkaian RDI?

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan di dalamnya, antara lain:

  1. Ruang Seni & Budaya

Dalam ruang seni dan budaya masyarakat bisa menonton berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya kita, di antaranya:

  • Tarian nuansa nasional & kedaerahan;
  • Pembacaan puisi & syair;
  • Pertunjukan teater/drama/monolog;
  • Film pendek;
  • Penampilan musik lagu nasional atau daerah dengan aransemen kreatif.
  1. Ruang Komunitas

Dalam ruang komunitas, kita dapat menikmati berbagai aktivitas unik perayaan kemerdekaan oleh masyarakat, komunitas, dan diaspora Indonesia. Perayaan kemerdekaan dapat berupa upacara, dekorasi, perlombaan, pengibaran bendera, atau konten-konten menarik dan unik yang dikirim oleh berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Akan tersedia juga ruang untuk masyarakat mendengarkan cerita dari pelosok negeri melalui Cerita Indonesia dan fitur untuk masyarakat berfoto bersama Presiden RI Joko Widodo.

  1. Ruang Literasi Nasional

Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif sehingga bisa menciptakan ruang digital yang seru, namun tetap aman, beretika, dan produktif di tengah tantangan ruang digital tanah air di saat ini yang semakin besar.

  1. Pasar Lokal

Di dalam Pasar Lokal, masyarakat bisa melihat dan berbelanja produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan 4 pasar digital, yaitu Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan LaDaRa.

  1. Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia

Petualangan Nusantara adalah sebuah peta interaktif yang menyediakan berbagai informasi, seperti destinasi wisata unggulan, kuliner khas daerah, dan pahlawan lokal di seluruh Indonesia.

  1. Arena Lomba 17-an

Dalam arena perlombaan, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an, seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, dan juga balap karung secara virtual.

  1. Panggung Nasional

Panggung nasional adalah panggung utama di Rumah Digital Indonesia yang menampilkan konten-konten utama pada tanggal 1 dan 17 Agustus 2021 dan juga berbagai agenda kenegaraan dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia ke-76.

(NAN/NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri