Kadal 182 : Kenapa Minum Air Putih Itu Penting?

            Sudah bukan merupakan rahasia lagi jika tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Kandungan air yang dibutuhkan tubuh saat keadaan normal ialah lebih dari 60% total berat badan. Dilansir dari Kompas.com, seorang ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Perdana Samekto, mengatakan jika manusia hanya bisa bertahan 4-7 hari tanpa minum dengan bergantung pada kondisi yang ada. Oleh karena itu, air merupakan molekul penting untuk membawa oksigen. Tidak hanya itu, air juga dibutuhkan supaya organ tubuh manusia dapat beroperasi dengan baik.

Lalu, dilansir dari Tim PKRS RSUP Dr. Kariadi, mengonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar. Sementara itu, jika seseorang kurang meminum air putih, ia bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang harus dikonsumsi. Hal ini menyebabkan keseimbangan antara zat gula dan garam terganggu. Akibatnya, tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.  Bahkan, pada tingkat yang lebih serius, dehidrasi bisa mengakibatkan gejala seperti tubuh lemas, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, hingga hilang kesadaran. Selain itu, karena kekurangan air menimbulkan dampak seperti konstipasi, infeksi saluran urin, terbentuknya batu ginjal, kelelahan, masalah-masalah seputar kulit, rambut, dan kuku.

Lantas, sudahkah kamu minum air putih hari ini? Jika belum cepatlah minum, karena kebutuhan air putih yang paling dianjurkan berkisar delapan gelas sehari atau setara dengan dua liter. Dilansir dari halodoc salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi segelas air putih ialah pada saat bangun tidur. Selebihnya, kamu bisa membaginya saat bekerja, berolahraga, ataupun setelah makan dan ketika haus. Dengan kamu membagi waktu untuk meminumnya, asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi.

Disamping itu, dengan kemajuan teknologi saat ini kamu dapat mengunduh aplikasi yang akan mengingatkan kamu untuk minum air, seperti contoh berikut:

  1. Plant Nanny

Merupakan aplikasi yang khusus yang dibuat untuk melatih kebiasaan minum air. Agar kegiatan minum air menjadi lebih menyenangkan, kalian akan ditemani oleh tanaman lucu yang akan hidup di smartphone.

  1. Hydro Coach

Aplikasi water tracker yang dapat membantu kalian mengatur target seberapa banyak cairan yang ingin dikonsumsi. Lalu, dapat disesuaikan juga untuk para ibu hamil dan menyusui.

  1. Aqualert

Aplikasi yang akan memberi tahu kalian untuk rajin minum air sepanjang hari agar tidak dehidrasi. Tidak hanya itu, Aqualert dapat disesuaikan agar tidak mengganggu saat tidur malam. Kalian juga bisa memantau progress asupan cairan agar tetap fokus pada target.

 

Research and Development by Farah Kamila Huri

Edited by Rahmadiani Irsy 

Source:

https://health.kompas.com/read/2020/07/18/193200768/8-manfaat-minum-air-putih-sebelum-tidur-untuk-kesehatan?page=all

https://www.rskariadi.co.id/news/168/PENTINGNYA-KONSUMSI-AIR-PUTIH/Artikel

https://www.merdeka.com/teknologi/mulai-kebiasaan-minum-air-bersama-tanaman-lucu-di-plant-nanny.html#:~:text=Plant%20Nanny%20adalah%20aplikasi%20yang,yang%20akan%20hidup%20di%20smartphone.

https://www.idntimes.com/tech/gadget/alfonsus-adi-putra-alfonsus/aplikasi-water-tracker-terbaik-untuk-smartphone-android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri