13 Variasi Minuman Ini Sangat Ampun Untuk Meningkatkan Semangat Beraktivitas

Seperti yang kita ketahui, di masa pandemi COVID-19 ini kita dituntut untuk lebih menjaga pola kesehatan tubuh. Hal itu dapat kita lakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi serta memiliki kandungan vitamin di dalamnya. Namun, kita juga harus pandai mengatur dan mengukur kadar makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai minuman sehat bagi tubuh. Berbicara soal minuman sehat pasti pikiran utama kita tertuju pada air putih. Betul sekali sobat EC, karena kadar air putih harus ada dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Institut of Medicine’s menyatakan bahwa aturan mengonsumsi air putih tiap hari yaitu sebanyak 2,7 liter khusus wanita. Sedangkan, bagi pria dapat meminum 3,7 liter per hari.

Minuman sehat merupakan minuman yang memiliki kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan berperan aktif dalam pencegahan dehidrasi. Pembahasan sebelumnya, kita membahas bahwa air putih termasuk jenis minuman sehat utama. Namun, ternyata masih ada jenis minuman lainnya yang cocok banget dikonsumsi tiap hari dan dapat membuat diri kita semakin semangat menjalani aktivitas. Minuman sehat tersebut dapat berupa air lemon, infused water, air cuka apel, air kelapa, teh hijau, teh kamomil, jus sayuran, jus tomat, jus goji berry, teh jahe, air kaldu, lidah buaya dan susu. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, langsung saja kita simak penjelasan berikut ini :

Sumber foto: Lifestyle Kompas
  1. Air lemon

Air lemon dapat dicampurkan dengan segalas air putih ataupun air hangat. Caranya dengan memadukan irisan buah lemon dan air perasannya ke dalam air putih. Kandungan vitamin C yang terdapat di air lemon tersebut akan berperan dalam menghilangkan rasa kantuk di pagi hari sehingga lebih konsentrasi saat beraktivitas dan juga mampu meningkatkan stamina. Selain itu, kandungan lainnya seperti mineral dan antioksidan dapat membantu proses netralisme tubuh.

  1. Infused water

Jenis minuman yang kedua ini juga tidak kalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan efektif dalam meningkatkan rasa menyegarkan. Cara pembuatannya yaitu mencampurkan irisan lemon, kiwi, stroberi, daun mint ke dalam air putih dengan ukuran satu gelas. Selain berperan aktif dalam proses mencegah dehidrasi tubuh, ternyata juga berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang disebabkan dari kandungan vitamin C pada infused water.

  1. Air cuka apel

Dengan hanya memadukan satu sendok cuka apel dan segelas air putih hangat, ini akan membuat kadar gula darah akan menurun dan membantu program diet yang sedang dijalani.

  1. Air kelapa

Tak heran jika air kelapa ini dipercaya mampu menghilangkan dahaga dan meningkatkan stamina. Selain itu, kandungan tinggi kalium di dalamnya mampu menurunkan ritme jantung dan tekanan darah. Kandungan lainnya di dalam air kelapa yaitu antioksidan, mampu membantu proses penetralisir tubuh dari racun dan radikal bebas yang akan merusak tubuh. Kemudian, fungsi lainnya yaitu dapat menjaga kelembapan kulit.

  1. Teh hijau

Teh hijau dapat dijadikan variasi minuman sehat setiap hari. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau akan meningkatkan metabolisme tubuh serta mampu membakar lemak dengan proses alamiah.

  1. Teh kamomil

Berbeda manfaat dengan teh hijau, teh kamomil ini akan meningkatkan kembali stamina. Teh kamomil ini memiliki sifat antiflamasi dan dapat mengurangi rasa sakit pada perut yang diakibatkan kembung maupun kram saat menstruasi.

  1. Jus sayuran

Sayur-sayuran yang biasa diolah menjadi variasi menu makanan sehat, namun ternyata juga dapat dijadikan jus. Sayuran hijau yang dapat dijadikan jus seperti bayam dan kale, dapat berperan dalam meningkatkan kekuatan tubuh karena mengandung zat besi yang melimpah. Zat besi yang masuk ke dalam tubuh akan berfungsi mentransfer oksigen ke semua sel tubuh. Hal ini akan menghilangkan rasa lemas ataupun lelah setelah beraktivitas seharian.

  1. Jus tomat

Variasi minuman sehat yang ke-8 ini yaitu jus tomat. Jus tomat ini cocok diminum di pagi hari untuk meningkatkan energi dan menutrisi tubuh sebelum menjalani aktivitas.

  1. Jus goji berry

Jus goji berry adalah jenis minuman yang kaya akan nutrisi yang terdiri dari vitamin, antioksidan, mineral dan 8 jenis asam amino esensial. Nutrisi tersebut berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan stamina tubuh, meredakan stres, hingga menciptakan aktivitas fisik lebih baik. Saat membuat jus ini, buat takaran gula yang sedikit agar mencegah terjadinya kenaikan kadar gula dalam darah.

  1. Air kaldu

Air kaldu yang diperkaya dengan kandungan nutrisi yang baik meliputi vitamin, elektrolit dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Disarankan bagi seseorang yang telah melakukan aktivitas fisik untuk mengonsumsinya karena dapat memulihkan tubuh seperti sediakala. Selain itu, bagi pengonsumsi alkohol berlebihan dapat dijadikan solusi untuk memproduksi ulang natrium dan kalium yang hilang, karena mengonsumsi kaldu tulang ini sama saja mentransfer kalium, kalsium dan magnesium untuk tubuh.

  1. Teh jahe

Gangguan pencernaan akan menurunkan stamina dan suasana hati. Oleh karena itu, orang yang mengalami gangguan pencernaan dapat menjadikan teh jahe sebagai solusi minuman yang menenangkan bagi tubuh. Teh jahe ini dapat meredakan diare maupun rasa mual dan muntah, mengurangi kadar gula darah, hingga meningkatkan energi tubuh yang lebih baik. Proses pembuatannya cukup mudah yaitu dengan parut jahe secukupnya lalu campurkan dengan teh atau air hangat. Jika pecinta minuman manis, dapat madu sebagai penyeimbang rasa.

  1. Jus lidah buaya

Selayaknya teh kamomil, tumbuhan lidah buaya ini dapat dijadikan jus yang memiliki sifat anti-inflamasi, yang berguna untuk meredakan peradangan gastrointestinal. Kandungan mineral di dalamnya akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik serta mampu mendorong proses detoksifikasi tubuh.

  1. Susu

Minuman sehat yang terakhir ini yaitu susu. Susu yang banyak digemari oleh tiap kalangan di Indonesia, ternyata juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Susu mengandung elektrolit, meliputi kalsium, vitamin D, garam dan kalium. Selain itu, terdapat kandungan karbohidrat dan protein yang berfungsi untuk memulihkan kembali kekuatan otot dan memproduksi glikogen yang hilang setelah melakukan olahraga.

Bagi seseorang yang mengalami dehidrasi, sangat disarankan untuk mengonsumsi susu cokelat. Karena, susu cokelat banyak mengandung karbohidrat yaitu sebanyak 2 kali lebih tinggi dari susu putih.

Nah, bagaimana nih sobat EC mengenai macam-macam minuman sehat untuk tubuh? Pasti menarik banget dan menambah wawasan kan. Jangan lupa ya untuk selalu mengonsumsi minuman yang kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh supaya kalian dapat memelihara tubuh dan juga tetap semangat saat melakukan aktivitas fisik seberat apapun. (TAN/AWS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri