Sirkuit Formula E Jakarta, Sudah Siap Uji Coba?

Sumber: news.detik.com

Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, telah dimulai sejak Februari 2022. Hal ini merupakan bukti bahwa Indonesia telah siap untuk segera menyelenggarakan kompetisi balap dunia, Formula E.

Proses pembangunan sirkuit sudah mencapai angka sekitar 88 persen dan memasuki tahap finishing dengan akan dilakukannya pemasangan paddock dan beberapa bagian di pit stop per akhir Maret 2022.

Dilansir dari Kompas.com, panitia penyelenggara balap Formula E Jakarta memperkirakan, uji coba atau pra tes sirkuit Formula E akan diadakan pada akhir April atau awal Mei 2022 dengan menyesuaikan jadwal dari federasi ajang balap mobil listrik, Formula E Operation (FEO).

Saat pemasangan pagar pembatas di kiri dan kanan selesai dikerjakan, lintasan perlu diaspal kembali sebagai penyelesaian akhir. Setelah itu harus dilakukan pengujian terhadap landasan tersebut.

Vice President Communication Organizing Committe Formula E Jakarta, Iman Sjafei, menyatakan bahwa FEO akan menentukan kepastian pra tes termasuk persetujuan kelayakan atau homologasi sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu.

Saat ini, panitia sedang membangun kelengkapan fasilitas pendukung, di antaranya pagar pembatas kiri dan kanan, tribun, dan fasilitas pendukung lain. Bagian tribun penonton merupakan fokus utama dari PT Jakpro untuk segera diselesaikan demi memperlancar pagelaran Formula E ini dari sisi penonton.

Iman Sjafei mengatakan bahwa sirkuit tidak bisa langsung digunakan karena ada beberapa fasilitas tambahan sirkuit yang harus dilengkapi dengan menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). Selain itu, lintasan juga harus mendapatkan pengaspalan ulang sebagai finalisasi pasca pemasangan pagar pembatas di kiri dan kanan selesai digarap.

Pagelaran Formula E akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2022 mendatang. Namun, hingga saat ini tiket menonton Formula E ini belum dijual karena masih menunggu kepastian dari  sistem.

Ketua Organizing Commitee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, mengatakan bahwa akan ada 50.000 tiket yang dijual, 10.000 di antaranya untuk kelas Tribun, sisanya untuk kelas lain, yaitu kelas VIP. Harga tiket menonton Formula E ini mulai dari Rp 350.000 hingga jutaan rupiah.

(AAZ/SEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *