National Accounting Competition (NAC) 2022

Sumber: Fotografer EconoChannel

National Accounting Competition (NAC) 2022 merupakan lomba akuntansi yang dapat diikuti oleh siswa/i tingkat SMA/SMK/MA di seluruh penjuru Indonesia. Tema yang diangkat untuk NAC 2022 adalah “Synergize in Diversity and Passion to be an Innovative Young Accountant”. Data pendaftar NAC 2022 berasal dari 74 tim dari 40 sekolah yang tersebar dalam 9 provinsi yang ada di Indonesia. Pada tahun ini, lomba akuntansi tersebut dibagi menjadi 3 tahap, di antaranya Correct l, Balance Level, dan Super Level.

Correct Level atau tahap I dilaksanakan secara online pada Sabtu, 23 April 2022. Selanjutnya tahap II atau Balance Level juga dilaksanakan secara online pada Sabtu, 30 April 2022 tahap ini hanya diikuti oleh 15 tim yang berhasil lolos dari tahap I.

Pada Sabtu, 14 Mei 2022 dilaksanakan tahap final atau Super Level secara online yang diikuti oleh 8 Tim yang berhasil lolos dari tahap II. Tahap final ini dibagi menjadi dua, yang pertama Cerdas Cermat Akuntansi (CCA) untuk 8 tim yang lolos sebelumnya, kemudian Debat yang diikuti oleh 4 tim dengan nilai tertinggi di CCA.

Tahap final ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, yaitu Machfud Ropi Cahyadi dan Shafa Alinda Pramasasti. Lalu, dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan ketua pelaksana NAC 2022, yaitu Nur Afni Camelia Putri. Setelah itu, sambutan dari Ketua BEM Prodi Akuntansi 2022, yaitu, Agil Prasojo. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Koordinator National Accounting Competition (NAC) 2022, yaitu Ibu Dwi Handarini S.Pd., M.Ak.

Untuk acara selanjutnya adalah sesi dokumentasi dengan 8 tim dan para juri yang menilai di tahap final tersebut. Setelah sesi dokumentasi, maka dilanjutkan dengan sosialisasi peraturan dan teknis Babak Final I CCA yang dibacakan oleh Dela Nurul Padilah dan Rochman Catur Laksono.

Acara selanjutnya, yaitu pembacaan CV juri CCA oleh MC. Terdapat dua juri untuk CCA, yaitu Bapak Gentiga Muhammad Zairin, S.E., M.Ak., CA., CPSAK, dan Bapak Dr. Ayatulloh Michael Musyaffi, S.E., Ak., M.Ak., CA selaku Dosen Akuntansi FE UNJ.

Babak Final I yang merupakan Cerdas Cermat Akuntansi (CCA), para peserta akan menjawab 24 Soal Wajib yang akan disampaikan oleh juri dan 8 Soal Rebutan yang disampaikan oleh perwakilan panitia.

Sumber: Fotografer EconoChannel

Setelah CCA dilaksanakan, acara selanjunya, yaitu Ishoma. Setelah Ishoma akan dilanjutkan Babak Final II, yaitu debat. Debat ini akan diikuti oleh 4 tim dengan nilai tertinggi di babak final CCA. Keempat tim tersebut, antara lain Tim 22 dari SMKN 2 Pacitan dengan 140 poin, Tim 38 dari SMKN 1 Cipanas dengan 75 poin, Tim 8 dari SMKN 1 Bogor dengan 75 poin, dan Tim 2 dari SMKN 1 Pogalan dengan 45 poin.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sosialisasi peraturan dan teknis babak final: Debat oleh Saudari Raisa Dika Febrindayanti dan Saudara Rochman Catur Laksono. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengenalan moderator yang akan memandu sesi debat, yaitu Saudari Anis Syalsabila. Selanjutnya, pengenalan 3 juri debat, yaitu Bapak Catur Nugroho, Bapak A. Muhammad Noor. SP. MM, dan Ibu Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.

Lalu, babak debat dimulai. Babak debat ini, memiliki sejumlah 2 mosi. Pertama, Mosi Perbankan dan Lembaga Keuangan Lainnya: Perkembangan Fintech P2P Lending Mengancam Keberadaan Perbankan. Kedua, Mosi Perpajakan: Kenaikan PPN Mendapatkan Penolakan dari Banyak Kalangan Khususnya Pengusaha.

Sumber: Fotografer EconoChannel

Para peserta dengan semangat dan pengetahuan yang dimiliki mampu mengemukakan argumennya sebagai tim afirmasi dan tim oposisi. Para peserta juga mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri pada sesi debat dengan jawaban yang memuaskan.

Babak Final NAC 2022 diakhiri dengan penutupan oleh MC dan sesi dokumentasi. Untuk pengumuman pemenang akan diumumkan pada acara puncak Economic Expo yang akan dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei 2022.

(RDF/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri