Pengabdian Masyarakat Pelatihan Optimalisasi Fungsi Media Sosial Untuk Sarana Promosi UMKM

Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, baru saja menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Optimalisasi Fungsi Media Sosial Untuk Sarana Promosi UMKM” secara luring di Kedai Kopi Serasi, Cilincing, pada hari Minggu, 12 Juni 2022 dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB.

Kegiatan ini berfokus untuk mengetahui cara mengoptimalkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, website, YouTube, dan TikTok sebagai sarana promosi UMKM dalam mempromosikan usahanya. Oleh karena itu, pemaparan materi yang diberikan narasumber juga berkaitan dengan tema, yaitu tentang digital marketing, snackable content, dan bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang bisnis kita. Untuk sesi kedua, diberikan materi mengenai etika digital dan cara bijak dalam bermedia sosial.

Program ini merupakan bagian dari implementasi tridarma perguruan tinggi, yaitu mengabdi kepada masyarakat. Peserta Pengabdian Masyarakat ini seluruhnya dihadiri oleh para pelaku UMKM dengan berbagai jenis usaha yang mereka jalankan. Pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar, hal ini karena partisipasi dan keterkaitan semua pihak, terutama para pelaku UMKM, pihak Kedai Kopi Serasi, dan tim panitia. Hasil pengabdian masyarakat tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengoptimalkan media sosial sebagai sarana branding dan marketing mereka sehingga produk-produknya mendapatkan exposure yang lebih luas dan meraih target yang mereka rencanakan.

Author : Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd., M.Pd, dan Muhammad Fawaiq, M.Ec.Dev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *