GAGAL SBMPTN? AYO, DAFTAR UJIAN MANDIRI DAN SIMAK TUJUH TIPS UNTUK LOLOS

Sumber: https://jateng.tribunnews.com/

Perjalanan menuju perkuliahan memang membutuhkan jalan dan proses yang panjang. Harus melewati banyak jalur masuk yang tahap kesulitannya pun beragam. Adapun jalur yang tersedia, yaitu jalur undangan atau SNMPTN, jalur ujian atau SBMPTN, dan jalur mandiri. Jalur mandiri adalah jalur masuk PTN yang biasanya diadakan langsung oleh setiap PTN di Indonesia. Setiap PTN memiliki kebijakan dan biayanya sendiri untuk bisa mendaftar jalur mandiri. Sejumlah calon mahasiswa yang kemarin gagal dalam SBMPTN akan mencoba jalur mandiri sebagai pilihan terakhir agar tetap bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagi sebagian calon mahasiswa, jalur ini adalah jalur yang bisa dikatakan sebagai jalur yang lumayan mahal karena khusus jalur mandiri, beberapa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) menerapkan sistem uang pangkal dan uang kuliah yang dibayar per semester dengan jumlah yang besar sehingga para calon mahasiswa merasa kurang mampu jika harus mendaftar lalu diterima. Untuk biaya pendaftaran jalur mandiri juga bisa dikatakan lumayan mahal. Harga pendaftaran jalur mandiri rata-rata sebesar Rp150.000 s.d. Rp900.000 sesuai dengan kebijakan PTN yang berlaku. Dengan biaya sebesar itu, mahasiswa bisa berkesempatan memilih dua sampai tiga program studi, bahkan ada juga yang sampai empat program studi.

Sumber: https://kuliahdimana.id

Untuk saat ini, beberapa kampus juga ada yang menetapkan bahwa di jalur mandiri, uang pangkal bisa diisi dengan nominal 0 Rupiah dan untuk penggolongan uang kuliah per semester bisa dipilih sesuai dengan kemampuan atau kesanggupan orang tua. Contoh kampus yang menyediakan sistem seperti ini adalah UNJ (Universitas Negeri Jakarta), UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), dan masih ada beberapa kampus lainnya. Untuk biaya pendaftaran jalur mandiri, ada beberapa kampus yang menerapkan bahwa seluruh biaya pendaftaran bisa ditanggung oleh KIP-Kuliah. Hal ini bisa sedikit membantu meringankan beban calon mahasiswa baru dan orang tua. Kampus yang menerapkan biaya pendaftaran jalur mandiri yang ditanggung oleh KIP-Kuliah, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan lain-lain.

Sumber: https://www.scholarsofficial.com/

Untuk menghadapi ujian mandiri PTN 2022, tentunya kita harus menentukan dan mengatur strategi kembali. Strategi harus dibuat lebih matang lagi dan disertai mental yang lebih tangguh lagi dari yang kemarin. Berikut adalah tujuh tips untuk menghadapi ujian mandiri PTN impian 2022:

  1. Cari tahu informasi soal pelaksanaan ujian mandiri;
  2. Pilih prodi sesuai minat dan kemampuan;
  3. Ketahui daya tampung dari PTN pilihan;
  4. Persiapkan persyaratan yang diperlukan;
  5. Cari tahu metode tes seperti apa yang diujikan dan perbanyak latihan soal;
  6. Perhatikan benar -benar waktu ujian kalian dan taati semua peraturan yang diberikan; dan
  7. Jaga kesehatan dan terus semangat untuk belajar dan mencoba. Utamakan prosesnya, apapun hasilnya harus ikhlas.

 

(ACP/REI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *