Perayaan Hari Raya Iduladha, Simak Tips agar Kolesterol Tidak Melonjak saat Makan Daging!

Iduladha atau hari raya kurban memang selalu identik dengan santapan makanan berbahan utama daging, karena pada hari raya Iduladha masyarakat muslim menerima daging kurban, baik itu daging sapi, kambing, kerbau, maupun domba. Biasanya, berbagai hidangan berbahan dasar daging ini selalu disajikan setiap hari raya Iduladha, seperti sate, sop kambing, rendang, dan lainnya.

Dilansir dari FibreFirst, memakan olahan daging kurban dapat menyebabkan naiknya kolesterol karena kandungan gizi pada daging sapi dan kambing mengandung tinggi lemak, khususnya lemak jenuh.

Sumber foto: Tribunnews.com

Daging sapi merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh, apabila tidak di makan secara berlebihan, karena di dalam daging sapi terdapat kandungan kolesterol yang berbahaya untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, kolesterol pun dibutuhkan oleh tubuh manusia, tetapi apabila jumlah kolesterolnya terlalu tinggi maka akan mulai ditumpuk di dinding arteri. Hal inilah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh untuk tetap berada di batas normal. Beberapa langkah berikut ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap berada di batas normal, khususnya pada perayaan Iduladha.

1. Mengolah Dengan Minyak yang Rendah Kolesterol

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah daging kurban dengan minyak yang sehat dan rendah kolesterol, seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung, dan minyak wijen daripada menggunakan minyak yang lebih tinggi kolesterolnya, seperti mentega atau minyak kelapa sawit.

2. Memilih Daging Dengan Sedikit Lemak

Pemilihan daging kurban dengan sedikit lemak untuk pengolahan masakan sangat membantu dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh berada di batas normal. Kamu bisa memilih bagian daging yang memiliki lemak minim, seperti pinggang sapi atau sirloin

3. Dibarengi Dengan Hidangan Sayur Mayur

Mengonsumsi daging kurban sebaiknya diimbangi dengan asupan sayur dan buah-buahan. Karena kandungan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

4. Menghindari Makanan Bersantan

Bagi pengidap kolesterol, mengonsumsi santan sebagai hidangan hari raya sangat tidak dianjurkan. Untuk menjaga kolesterol tetap aman sebaiknya dimasak dengan pengganti santan, seperti menggunakan susu kedelai yang memiliki asam amino dan isoflavone yang mampu membantu mengurangi kolesterol.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk tetap ikut memeriahkan hari raya Iduladha dengan tidak melupakan kesehatan tubuh kita! (GMP/AIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio