Agar Tanggal Tua Tetap Kaya, Berikut Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

Sumber: Finansial Bisnis

Mahasiswa cenderung diibaratkan sebagai manusia dengan uangyang pas-pasan. Meme mengenai kantong mahasiswa, terutamasaat akhir bulan sering menjadi bahan candaan netizen. Padaawal bulan, biasanya para mahasiswa baru mendapat uang jajanbulanannya sehingga cenderung boros dalam menghabiskannya. Hal ini menyebabkan menipisnya saldo ATM mereka saat akhirbulan dan hanya tersisa sedikit untuk makan dan keperluanpenting lainnya. Buruknya manajemen keuangan mahasiswa iniyang membuat mereka harus merasakan kesulitan keuangan di tanggal tua

Nah, berikut ini ada beberapa tips mengatur keuangan ala mahasiswa yang bisa dicoba agar uang di dompet tetap tebalmeski di tanggal tua sekalipun.

Sumber: Sribuu

1. Mencatat Pengeluaran

Dengan mencatat setiap pengeluaran, kalian akanmengetahui kebiasaan belanja kalian dan memahamiapakah alokasi biaya kalian sudah tepat atau terlalu boros, sehingga kalian dapat mengerem hasrat belanja yang berlebihan.

2. Menentukan Berbagai Jenis Pengeluaran

Setelah mencatat pengeluaran, langkah selanjutnya adalahmenentukan berbagai jenis pengeluaran, dari yang paling penting sampai yang kurang penting. Hal yang bersifatwajib perlu dibayar terlebih dahulu, seperti membayar uangkos, pulsa, uang kuliah, uang transport, serta uang makansehari-hari. Barulah selanjutnya kalian bisa menggunakanuntuk keperluan yang lain.

3. Menentukan Tujuan Menabung

Untuk dapat menabung dengan teratur, kalian perlumenentukan tujuan agar lebih fokus dan disiplin dalammenabung. Tujuan menabung dapat bervariasi, sepertimembeli ponsel baru, laptop, buku, atau malah untukmenonton konser. Dengan begitu, kalian akan konsistenmenabung karena teringat akan tujuan kalian menabung.

 

4. Mampu Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan      

Seringkali mahasiswa membeli barang bukan karena butuh, tetapi alasan keinginan. Inilah yang membuat pengeluaranmembengkak untuk membeli sesuatu yang sebetulnya tidakdibutuhkan. Maka, diperlukan kehati-hatian dari mahasiswasendiri untuk membedakan antara kebutuhan dankeinginan.

 

5. Investasi

Agar uang kita tidak habis sia-sia, ada baiknya kita mulai belajar investasi. Tidak perlu investasi besar-besaran, mahasiswa dapat memulai investasi yang murah dan minim risiko seperti reksadana. Dengan begitu, uang yang kita punya akan selalu diputar dan dapat kembali dengan nominal berlipat di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa tips mengatur keuangan untukmahasiswa. Semoga dengan tips ini, tanggal tua selanjutnya kalian tetap bisa makan enak ya!

(ZEL/SEL)

 

Sumber:

https://tanamduit.com/belajar/inspirasi/cara-mengatur-keuangan-mahasiswa

https://glints.com/id/lowongan/manfaat-mencatat-pengeluaran/#.Y1MCPHZByUk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri