Drama Pembelian Twitter oleh Elon Musk!

     Pengumuman miliarder, Elon Musk, yang akan kembali mengakuisisi Twitter menyebabkan harga saham TWTR melonjak 22 persen. Tarik ulur keputusan ini memiliki pola yang sama dengan trik manipulasi pasar yang bertujuan meningkatkan harga saham.

     Bursa saham New York atau New York Stock Exchange (NYSE), mencatatkan kenaikan saham milik Twitter, Inc. (TWTR) menanjak sebesar 22 persen pada perdagangan, pada Selasa (4/10/2022). Menghijaunya saham TWTR menyusul pernyataan miliarder Elon Musk yang kembali akan membeli saham tersebut dengan harga awal, yaitu seharga USD54,20 per saham atau senilai USD44 miliar.

     Niat Elon Musk untuk kembali mengakuisisi TWTR juga terlihat dari cuitan di akun resmi Twitter milik miliarder ini.

“Membeli Twitter adalah akselerator untuk membuat X, aplikasi segalanya,” kata Musk melalui akun resminya.

     CEO SpaceX ini, sebelumnya berkirim surat ke Twitter pada Senin (3/10) lalu, yang menyatakan akan melanjutkan kesepakatan pembelian saham pada April lalu. Kesepakatan, antara Twitter dan bos Tesla ini diwarnai drama saling gugat. Pasalnya beberapa minggu setelah kesepakatan, Elon Musk memutuskan membatalkan akuisisi saham perusahaan media sosial tersebut.

     Drama tarik ulur pembelian Twitter oleh Elon Musk mendekati akhir pada Selasa, setelah CEO Tesla itu mengisyaratkan akan membeli perusahaan tersebut dengan harga yang disepakati sejak awal, $44 miliar.

     Musk beralasan pembatalan terebut disebabkan Twitter yang salah memberikan informasi mengenai jumlah bot yang ada. Ia juga menyebutkan bahwa perusahaan tersebut mengecoh investor dengan memberikan angka palsu dalam pengajuan perusahaan ke Securities and Exchange Commission.

     Perubahan sikap Musk yang mengejutkan tidak disampaikannya dalam cuitan di Twitter, seperti kebiasaannya, tetapi dalam surat ke Twitter. Media sosial itu, kemudian mengungkap surat Musk pada Selasa (4/10) dalam pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa. Perubahan ini terjadi kurang dari dua minggu dari persidangan antara kedua pihak yang dijadwalkan akan dimulai di Delaware.

     Sebagai informasi, Musk membatalkan perjanjian pada saat saham Twitter mengalami penurunan. Ketika Musk mengumumkan akan kembali melanjutkan kesepakatan, saham Twitter melonjak drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio