MENJAGA KONDISI TUBUH AGAR TETAP SEHAT DAN BERSTAMINA DI MUSIM PENGHUJAN

Sumber: https://www.bing.com

Saat ini sebagian besar kota-kota di Indonesia sudah memasuki musim penghujan, bahkan bencana banjir pun sudah melanda di beberapa kota karena curah hujan yang tinggi. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini tentunya kita wajib memberikan perhatian lebih pada kesehatan tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan sangatlah penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memperoleh kesehatan. Banyak kendala yang dialami di kala musim hujan, seperti perubahan cuaca, suhu udara yang dingin, dan juga melemahnya daya tahan stamina tubuh. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga stamina tubuh semaksimal mungkin agar tak mudah jatuh sakit.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan berstamina di musim penghujan seperti sekarang ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan imun

Di musim hujan seperti sekarang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun yang mumpuni akan melindungi kita dari penyakit serta menyokong kesehatan sistem pencernaan kita. Salah satu caranya bisa dengan rutin mengonsumsi minuman jahe yang dicampur dengan madu dan air perasan lemon serta diberi sedikit garam juga lada hitam. Semua bahan dicampur lalu disimpan dalam lemari pendingin.

Sumber: https://www.bing.com

Menjaga kebersihan lingkungan

Kondisi kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk dijaga sehingga banjir akibat musim hujan dan ketahanan tubuh dapat terjaga. Kebersihan lingkungan di musim hujan menjadi salah satu pokok yang harus diperhatikan sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit dan banjir yang tiba saat musim hujan.

Beberapa penjelasan di atas diharapkan bisa membantu kita semua dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan berstamina di musim penghujan seperti sekarang ini.

Sumber: https://www.bing.com

Makanan yang matang

Untuk menu makanan di musim hujan ini disarankan untuk lebih sering memasukkan menu hidangan yang dimasak dan bernutrisi, seperti sayuran atau makanan vegetarian. Selain itu, kurangi jumlah asupan ikan dan daging merah. Tomat mentah dan paprika saja disebut bisa menyebabkan imun turun karena makanan jenis ini memproduksi gas Vata yang dapat melemahkan imun.

Sumber:  https://www.bing.com

 

Puasa

Menjalani puasa juga direkomendasikan untuk menjaga stamina di musim penghujan ini. Puasa disebutkan dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan sistem pencernaan. Saat berpuasa cobalah untuk memasukkan sayuran dan buah-buahan musiman dalam menu sahur dan berbuka. Puasa juga membantu menstimulasi sistem pencernaan.

Sumber : https://www.bing.com

(MR/SEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *