WISUDA KEMBALI DIGELAR LURING, FAKULTAS EKONOMI BERHASIL MELULUSKAN WISUDAWAN TERBAIK

Sumber: EDURA TV UNJ

Rabu, 09 November 2022, Universitas Negeri Jakarta telah melaksanakan wisuda semester 116 dalam Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor yang dilaksanakan di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Wisuda kali ini dilaksanakan secara luring dan disiarkan pula melalui YouTube Edura TV UNJ.

Universitas Negeri Jakarta mewisuda sebanyak 2.665 wisudawan dari delapan fakultas, salah satunya adalah Fakutas Ekonomi. Prosesi wisuda diawali dengan perkenalan seluruh wisudawan dan wisudawati. Prosesi wisuda luring kali ini banyak dihadiri oleh segenap tokoh-tokoh penting seperti Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H., S.IP., M.M., yang mewakili gubenur DKI Jakarta, 12 Rektor LPTK Perguruan Tinggi yang mewakili, Ketua, Sekretaris, anggota senat, dan para wakil rektor.

Sumber: EDURA TV UNJ

Wisuda kali ini menjadi wisuda yang sangat istimewa karena pertama kali dilaksanakan secara luring setelah sebelumnya diselimuti Pandemi COVID-19. Pak Komarudin, selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta, mengucapkan selamat kepada saudara wisudawan/wisudawati atas kelulusan dan pencapaian studi di kampus UNJ tercinta. Beliau mengatakan, semoga saudara sekalian dapat berkiprah dan berkontribusi dalam pembangunan nasional baik di lingkungan masyarakat sekitar, bangsa, negara, dan dunia. Utamanya dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya, diucapkan pula terima kasih kepada orang tua wisudawan karena telah mendidik dan membimbing. Disampaikan pula oleh Pak Komarudin, bahwa Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H., S.IP., M.M. selaku ketua dewan penyantun UNJ akan membawakan orasi ilmiah pada prosesi wisuda semester 116 dengan tema “Peran Cendekiawan Membangun Optimisme dalam Menghadapi Masa Depan yang Semakin Sulit diprediksi”. Orasi ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada para wisudawan ketika menghadapi dunia di masa depan.

Sumber: EDURA TV UNJ

Para wisudawan melakukan prosesi wisuda dengan khidmat dan lancar. Wisuda kali ini membawakan rasa bahagia dan istimewa tersendiri bagi wisudawan. UNJ meluluskan banyak sekali mahasiswa berprestasi di lingkup internasional, nasional, dan lokal. Raut wajah bahagia wisudawan Fakultas Ekonomi menjadi saksi mengingat bagaimana mereka menghadapi tantangan dalam belajar, keuangan, dan tantangan lainnya ketika menjalani perkuliahan. Tentunya, wisuda menjadi hal yang sangat berharga sekaligus haru bagi para wisudawan Fakultas Ekonomi. Sedih karena harus melanjutkan kariernya masing-masing dan mencari jalan kehidupannya masing-masing.

Setelah orasi ilmiah, dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan terbaik yang disampaikan langsung oleh Wakil Rektor bagian Akademik. Terdapat 19 wisudawan terbaik dari berbagai fakultas dan Fakultas Ekonomi menjadi fakultas yang termasuk didalamnya.

Sumber: EDURA TV UNJ

Salah satu wisudawan terbaik dari Fakultas Ekonomi diraih oleh Kak Jasmine Vella Zuilda A. dari prodi D3 Administrasi Perkantoran 2019. “sejak dikabarin jadi wisudawan terbaik sempet kaget dan ragu-ragu karena merasa ada yang lebih pantas jadi wisudawan terbaik daripada aku, hehe. cuman setelah aku dapet motivasi dari sana sini, aku ngerasa oh ya aku juga pantas mendapat gelar ini. jadi aku baru bisa bersyukur di akhir dan setelah dapet encouragement dari orang-orang.” Ucap kak Jasmine pada wawancara yang diselenggarakan pada tanggal 17 November 2022.

Untuk menjadi wisudawan terbaik, tentunya kak Jasmine menghadapi berbagai mancam rintangan yang prosesnya tidaklah mudah. Banyak kendala dan rintangan yang dihadapi kak Jasmine seperti jadwal sidang yang tiba-tiba maju, kurang detailnya tentang pemberkasan untuk daftar sidang, dan sebagainya. Cara yang dilakukan oleh kak Jasmine untuk menghadapi kendala tersebut yaitu dengan lebih sering bertanya kepada kaka tingkat dan admin fakultas bahwa informasi yang didapat oleh kak Jasmine sudah benar.

Kak Jasmine turut memberikan pesan kepada mahasiswa/i agar tetap semangat dalam menjalani perkuliahan. “buat kakak-kakak & temen-temen semua, pokoknya jangan berpatokan sama orang lain. semua orang punya jalan & cara sendiri untuk menuntaskan suatu hal. semangat terus kuliahnya, jangan lupa pinter-pinter ngebagi waktu”.

Selanjutnya, ada Kak Nabila Nurul Aini dari prodi S1 Manajemen yang turut menjadi wisudawati. Kak Nabila Nurul Aini pernah menjadi Pemimpin Umum Econochannel FE UNJ Kabinet Remarkable. Kak Nabila turut membagikan ceritanya semasa menjalani perkuliahan di Fakultas Ekonomi UNJ. Kak Nabila merasa bahwa setiap pencapaian tentunya harus ada yang dikorbankan entah itu waktu ataupun tenaga. Dalam mencapai kelulusan ini tentunya ada struggle-nya sendiri yang mana saat proses penyusunan skripsi diamanahkan untuk magang di suatu perusahaan sehingga kondisi tersebut menjadi tantangan untuk menyeimbangkan antara pelaksanaan magang dan penyelesaian studi sebagai kewajiban yang harus diselesaikan. Akan tetapi, alhamdulillah karena adanya support dari orang tua dan sahabat, akhirnya Kak Nabila bisa menyelesaikan keduanya dengan baik. Wisuda ini tentunya ada perasaan senang dan sedihnya. Senang karena bisa menyelesaikan studi dengan tepat waktu dan sedih karena berpisah dengan teman-teman angkatan terutama teman sekelas yang menjadi saksi perjalanan perkuliahan dari awal sampai kelulusan saat ini.

Kesan yang paling saya rasakan selama berkuliah di UNJ sebenarnya saat saya mulai ikut kepanitiaan, menjadi tim task force ppepp dan juga kegiatan keorganisasian. Namun, yang paling berkesan adalah ketika saya menjadi tim task force ppepp kerena itu pertama kalinya bisa bekerja sama dengan dosen-dosen FE UNJ.

(ACP/SYA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *