GENERASI MUDA DALAM MEBANGUN EKONOMI KREATIF

Sumber: Jojonomic

Generasi muda adalah aset bangsa yang berperan besar dalam memajukan kondisi perekonomian Indonesia. Generasi muda merupakan sumber daya nasional yang berperan penting dalam memperkuat kondisi ekonomi Indonesia.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2008), merangkum rumusan ekonomi kreatif sebagai usaha pengembangan ekonomi berbasis kreatif yang berkelanjutan yang didukung oleh kondisi ekonomi yang kompetitif dan sumber daya alam yang terbarukan.

Ekonomi kreatif merupakan salah satu pilar pembangunan ekonomi Indonesia yang harus terus kita perjuangkan dan pelihara. Namun, pada kenyataannya regulasi tersebut masih kurang memadai dan generasi muda sering kali tidak mengetahui perkembangan industri kreatif tanah air sehingga menghambat perkembangan industri kreatif di Indonesia. Sebagai generasi muda, kita harus bersama-sama memunculkan inovasi yang dapat lebih mengembangkan sektor industri kreatif untuk kepentingan bangsa.

Sumber: Qiscus

Industri kreatif saat ini membuka peluang besar bagi generasi muda untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. Generasi muda dapat memaksimalkan peluang tersebut dengan keterampilan, minat, bakat, dan kreativitas yang tinggi. Dengan demikian, generasi muda dapat membangun dan meningkatkan perekonomian nasional agar berdaya saing di era globalisasi.

Generasi muda sebagai pelaku industri kreatif memiliki banyak modal berupa ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat diimplementasikan dalam industri kreatif. Generasi muda memiliki keunggulan penguasaan teknologi yang dapat dipadukan dengan ide-ide kreatif mereka. Selain itu, Indonesia memiliki modal yang luar biasa untuk mengembangkan dan meningkatkan industri kreatif berupa Sumber Daya Alam (SDA) yang beragam dan melimpah. Sumber daya alam tersebut dapat memicu berbagai ide kreatif dan inovatif yang dapat menguntungkan industri kreatif.

Selain itu, generasi muda Indonesia berpeluang menciptakan lapangan kerja baru melalui industri kreatif. Peluang kerja baru di bidang kreatif meliputi desain produksi film, pengembangan aplikasi, game, animasi, dll. Karya ini sangat cocok untuk generasi muda saat ini yang sudah terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Agar pertumbuhan ekonomi negara dapat berjalan dengan baik, generasi muda harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai bahan bakar industri kreatif Indonesia.

Peran generasi muda dalam menggerakkan industri kreatif mencakup beberapa hal. Generasi muda memberikan kritik konstruktif terhadap implementasi pembangunan dan kemajuan ekonomi saat ini yang kurang optimal. Kritik disertai saran atau solusi yang merupakan hasil pemikiran kreatif dan inkonvensional generasi muda. Pemikiran kreatif ini, nantinya dapat digunakan bekerja sama dengan perkembangan teknologi untuk mendukung UMKM di Indonesia dan memaksimalkan peluang industri kreatif di era globalisasi.

INISIAL: (SS/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *