PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL UNTUK MAHASISWA

Sumber : hellosehat.com

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah keadaan sejahtera ketika setiap individu menyadari potensinya sendiri untuk mengatasi tekanan kehidupan yang normal, bekerja secara produktif dan bermanfaat, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Kesehatan mental merupakan bagian penting dalam setiap tahapan kehidupan seseorang, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, bahkan hingga dewasa. Kesehatan mental juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Apabila seseorang mengalami gangguan mental, maka fisik orang itu akan terganggu juga karena seseorang dengan gangguan mental akan menimbulkan lebih banyak penyakit yang akan dideritanya.

Banyak mahasiswa yang mengalami gangguan mental dikarenakan satu dan hal lainnya. Salah satunya adalah karena tuntutan tugas akademik yang jumlahnya tidak sedikit. Selain tuntutan tugas akademik, faktor lain seperti terbatasnya aktivitas sosial juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Melalui percakapan berbagi atau bersenang-senang dengan teman dan orang lain, seseorang dapat memperoleh lebih banyak energi positif, wawasan, dan motivasi yang dapat membantu menjaga kesehatan mental. 

Untuk itu, hal yang dapat seseorang lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah beradaptasi dengan apa yang terjadi di lingkungan saat ini. Adaptasi perlu dilakukan untuk mencapai keharmonisan dan keselarasan antara tuntutan lingkungan dan tuntutan dalam diri.

            Lalu, bagaimana cara mahasiswa untuk menjaga kesehatan mentalnya? Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa:

1. Hidup dengan Teratur

Dengan melakukan hidup teratur seperti membuat jadwal kegiatan sehari-hari sehingga dapat menjalani kegiatan dengan lebih mudah dan terstruktur. Cara ini juga bisa membuat kita menghilangkan overthinking karena kita sudah membuat jadwal kegiatan dan tidak ada lagi waktu untuk overthinking.

2. Menjaga Pola Makan dan Tidur

Pola makan yang sehat dan jam tidur yang baik adalah faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa. Menjaga pola makan dan tidur dapat menjaga kesehatan badan. Jika badan terasa sehat, maka mental juga akan sehat.

3. Bersosialisasi

Dengan melakukan interaksi dengan teman sebaya atau orang lain, dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan percaya diri, saat ada masalah dapat kita bicarakan dengan keluarga, teman, ataupun dosen.

4. Hindarkan Masalah Menumpuk

Jika memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri, maka konsultasikan dengan seseorang yang lebih mengerti atau dapat bercerita kepada keluarga dan teman agar masalah dapat dengan cepat terselesaikan. (NM/NBL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
marsbahis