PRESS RELEASE PAS 1 PELATIHAN KEPEMIMPAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI (PKMFE) 2023

Departemen PSDM BEM Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Kabinet Abyakta Bimantara, mengadakan acara PKMFE 2023. PKMFE 2023 dapat diikuti oleh mahasiswa/i aktif FE UNJ angkatan 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022 yang sebelumnya telah mengikuti dan lulus PKMP. Tema dari PKMFE tahun ini, yaitu “Menciptakan Pemimpin yang Berintegritas (Berintelektual, Tegas, Kritik, dan Berkarakter).”

Pada hari Sabtu, 10 Juni 2023, para peserta PKMFE 2023 melaksanakan acara PAS 1 PKMFE 2023 yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Acara PAS 1 PKMFE 2023 dihadiri oleh 208 peserta yang terdiri dari peserta PKMFE 2023, panitia PKMFE 2023, dan perwakilan OPMAWA/ORMAWA lembaga L.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB yang diawali dengan pengkondisian peserta, kemudian dilanjutkan dengan sesi pembuka oleh MC, yaitu Hiccha Polasiulina dan Arief Prasetyo, yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Rangkaian berikutnya dilanjutkan dengan pembacaan doa agar acara dapat berjalan dengan lancar. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Mars Mahasiswa.

Selanjutnya, rangkaian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh ketua pelaksana, yaitu Muhammad Zaidan Husein, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Dosen Pembimbing BEM FE UNJ, Muhammad Yusuf, SE., M.M, serta penyampaian kata sambutan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ, Dr. Indra Pahala, M.Si.

Acara selanjutnya adalah sesi pemaparan materi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Terdapat tiga sesi pemaparan materi pada acara PAS 1 PKMFE yang dipandu oleh moderator. Dimulai dengan pemaparan materi 1 yang dipandu oleh moderator 1, yaitu Salsabila Amin yang merupakan mahasiswi aktif Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.

Pemaparan materi pertama dibawakan oleh Aksal Ramadhan yang merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, dengan topik pembahasan ”Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.” Materi yang dibawakan oleh Kak Aksal, yaitu tentang makna dan urgensi pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di lingkup mahasiswa. Pengabdian masyarakat merupakan bagian dari integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain, serta melibatkan sivitas akademika, yaitu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Masyarakat pada pengabdian masyarakat ini merupakan poin utama. Selanjutnya, urgensi pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, yaitu dapat menyalurkan riset dan inovasi yang dimiliki, kemudian dapat melestarikan dan mengembangkan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat, lalu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat setempat, serta dapat memberikan solusi atas kebutuhan, tantangan, ataupun persoalan yang dihadapi masyarakat. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sumber : Zoom Meeting

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi kedua yang dibawakan oleh Muhammad Fahmi Ja’far dengan topik pembahasan “Public Relations.” Materi yang dibawakan oleh kak Fahmi, yaitu mengenai fungsi, tujuan, dan tips membangun public relations dalam organisasi. Fungsi dari public relations, yaitu untuk menjelaskan lebih rinci tentang suatu informasi, mengajak masyarakat untuk lebih berpikir kritis, dan mengintegrasi organisasi. Public relations sangat penting dalam organisasi karena bertujuan untuk menciptakan opini publik yang favorable tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan. Tips untuk membangun public relations dalam organisasi, yaitu membangun komunikasi organisasi, manajemen krisis, berlatih secara rutin, dan jadilah diri sendiri.

Sumber : Zoom Meeting

Setiap pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan kedua pembicara, pembicara menjawab dengan sangat jelas dan informatif sehingga para peserta yang bertanya merasa puas dengan jawaban yang diberikan.

Sumber : Zoom Meeting

Setelah kedua sesi pemaparan selesai, peserta PKMFE 2023 diimbau untuk mengerjakan post test materi 1 dan 2 dan diberikan waktu selama 10 menit.

Sumber : Zoom Meeting

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi ketiga dengan tema “Sistem Tata Kelola Lingkungan.” Menariknya, pemaparan materi kali ini tidak dipaparkan oleh narasumber, melainkan dibawakan oleh kelompok dengan penugasan terbaik, yaitu kelompok 4, kelompok 5, dan kelompok 11. Kelompok 4 memaparkan materi pertama dengan materi “Sistem Pemesanan Kelas Online untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kampus.” Hal yang melatarbelakangi kelompok membahas topik ini adalah karena gedung FE sedang direnovasi dan cukup sulit untuk booking kelas di gedung serbaguna UNJ.

Sumber : Zoom Meeting

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi dari kelompok 5 sebagai kelompok dengan penugasan terbaik. Kelompok 5 memaparkan materi dengan topik “Program Green Campus: Peningkatan Lingkungan Berkelanjutan di Fakultas Ekonomi.” Program green campus ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa FE terhadap lingkungan, mengurangi dampak lingkungan negatif, meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, dan menyediakan fasilitas ramah lingkungan agar tercipta kenyamanan di lingkungan kampus.

Sumber : Zoom Meeting

Selanjutnya, pemaparan kelompok terakhir dengan penugasan terbaik, yaitu kelompok 11. Kelompok 11 membahas materi dengan topik pembahasan “Perbaikan Aksesibilitas Ruangan dan Penyempurnaan Sistem WiFi di Fakultas Ekonomi.” Hal yang melatarbelakangi kelompok dalam menciptakan program ini, yaitu adanya keterbatasan ruangan dan sinyal internet yang sering bermasalah di Gedung Raden Ajeng Kartini. Kelompok 11 juga mengajukan program check in dan check out di website siakad yang bertujuan agar menyediakan sistem yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam melakukan pendaftaran dan penggunaan ruangan perkuliahan secara online melalui website siakad UNJ.

Sumber : Zoom Meeting

Setelah pemaparan dari kelompok 4, kelompok 5, dan kelompok 11, MC memimpin para peserta untuk lanjut ke sesi dokumentasi. Selanjutnya, acara resmi ditutup oleh MC pada pukul 11.55 WIB. Tetapi, sebelum semua peserta keluar dari zoom meeting, terdapat pengkondisian peserta oleh K3 yang mengingatkan agar peserta tetap menaati segala peraturan yang telah panitia buat dan dimohon tidak terlambat untuk mengikuti acara PAS 2 PKMFE yang dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Juni 2023. Kemudian, peserta pun diperbolehkan untuk leave tepat pada pukul 12.00 WIB. (SMF/NBL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
marsbahis