Tragedi Bawah Laut Membuat Turun Saham Logitech

Berita dari kapal selam wisata, Titan, yang sebelumnya berangkat dari kapal induk untuk “menjelajahi” bangkai dari kapal Titanic telah menggegerkan dunia setelah hilang kontak dan muncul kepastian bahwa kapal selam kecil tersebut meledak dikondisi dengan tekanan air yang sangat hebat dari kedalaman lautan yang dalam.

Insiden ini menewaskan kelima penumpang yang berada di kapal selam Titan. Kelima penumpang ini merupakan:

  1. Pengusaha Inggris, Shahzada Dawood, 48 tahun;
  2. Putra Shahzada Dawood, Suleman, 19 tahun;
  3. Pengusaha Inggris, Hamis Harding, 58 tahun;
  4. Eks penyelam laut Prancis, Paul-Henry Nargeolet, 77 tahun;
  5. Kepala Eksekutif OceanGate, Stockton Rush, 61 tahun.

Akan tetapi, insiden ini tidak hanya berdampak kepada keluarga dan perusahaan OceanGate. Insiden ini juga secara langsung berdampak atas turunnya saham dari salah satu perusahaan besar yang merupakan produsen dari perlengkapan komputer pribadi dan tablet global yang kantor pusatnya terletak di Lausanne, Swiss. Perusahaan yang dimaksud tentunya adalah Logitech International S.A.

Alasan utama dari jatuhnya saham Logitech terhadap insiden ini terletak pada alat kendali yang digunakan pada kapal selam Titan. Alat kendali yang digunakan merupakan Joystick Logitech G F710, joystick ini merupakan controller yang umumnya digunakan untuk memainkan game, baik itu dari komputer maupun dari konsol game, seperti PS3 dan XBOX 360.

Sumber: bukalapak.com

Anehnya, controller ini merupakan alat yang sudah cukup lama dikeluarkan oleh Logitech, sehingga banyak pihak yang bingung mengapa penjelajahan kapal selam yang cukup canggih ini menggunakan sebuah alat kendali yang bisa dibilang sudah ketinggalan zaman. Joystick Logitech G F710 dikeluarkan pada tahun 2010 yang menandakan bahwa pada saat ekspedisi dilaksanakan, controller ini sudah menginjak usia 13 tahun.

Joystick Logitech G F710 apabila ingin dibeli saat ini dijual dengan harga kurang lebih Rp500.000 yang tentu untuk ekspedisi ini, merupakan sebuah keputusan yang sangat tidak disarankan untuk digunakan. Pasalnya, Logitech sendiri banyak memiliki model-model controller terbaru yang lebih canggih dan juga lebih aman digunakan untuk mengendalikan kapal selam dari OceanGate ini.

Pada laman penjualan Joystick Logitech G F710, banyak review dari para pembeli yang memberikan review jelek. Akan tetapi, review ini tidak bersangkutan dengan performa yang mereka rasakan, melainkan mengkritik bahwa controller ini tidak cocok digunakan dalam pengendalian kapal selam.

Dengan banyaknya review negatif ini dan faktor-faktor lainnya, Logitech secara langsung terdampak dengan menurunnya saham mereka yang cukup signifikan, yakni sebanyak 3,6% pada saat tragedi pencarian masih berlangsung.

Dengan segala hal ini, dapat disimpulkan bahwa salah satu kesalahan besar adalah dalam keputusan untuk menggunakan sebuah alat kendali yang bisa dibilang sudah cukup tua, bahkan hal tersebut juga banyak dikomentari, baik oleh para warganet lainnya yang menyetujui bahwa menggunakan sebuah controller yang sudah berusia 13 tahun merupakan sebuah permasalahan sepele yang berujung fatal, baik secara langsung maupun tidak langsung kepada seluruh penumpang dari kapal selam Titan. (BJW/NM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom