Kemeriahan Rangkaian PKKMB PAS 1 dan PAS 2 Program Studi Manajemen 2023  dengan Mengusung Tema “Universe Revolution”

Jakarta – Tahun 2023, telah menjadi saksi atas pelaksanaan kesuksesan PKKMB Prodi Manajemen yang digelar secara hybrid. Menyajikan kombinasi interaksi tatap muka dan virtual, rangkaian acara PRA 1 dan PAS 1 diselenggarakan secara offline, sementara PAS 2 diadakan secara online melalui zoom meeting. Tujuan dari rangkaian acara PKKMB Prodi Manajemen 2023 tidak hanya sebatas serangkaian kegiatan biasa, melainkan juga merupakan perjalanan berharga yang menghadirkan momen-momen berharga bagi para mahasiswa baru Prodi Manajemen.

Sejak dimulainya acara PRA 1, yang kemudian diikuti oleh rangkaian PAS 1 dan PAS 2, keseruan dan antusiasme mahasiswa baru Prodi Manajemen tidak pernah reda. Salah satu daya tarik utama dari PKKMB Prodi Manajemen 2023,  yaitu dengan mengangkat tema besar “Universe Revolutions” dengan maskot “navavira”, yang menggambarkan semangat baru mengelola Nusantara perpindahan IKN di Kalimantan. Tema ini tidak hanya menjadi hiasan belaka, melainkan menjadi landasan untuk membuka diskusi dan refleksi mengenai peran mahasiswa dalam mengelola perubahan besar di lingkungan kampus dan sekitarnya.

PAS 1

Sumber: Sub Departemen Fotografi

Pada hari Rabu, 23 Agustus 2023, suasana penuh semangat menghiasi pelaksanaan PAS 1 PKKMB Prodi Manajemen, bertempat di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana Lt. 2, Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Para mahasiswa baru terbagi menjadi 20 kelompok, masing-masing diberi nama kelompok yang disesuaikan dengan nama pahlawan dan tokoh perjuangan Bangsa Indonesia. Dalam suasana yang sarat makna, acara dibuka secara resmi oleh MC, dilanjutkan dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Totalitas Perjuangan. Rangkaian sambutan pun menghiasi acara ini, di antarannya dari Ketua Pelaksana PKKMB Prodi Manajemen 2023, yaitu Shuja Azmi Ismail, CEO HIMA Manajemen 2023, yaitu Muhammad Umar Jaisyurrahman, lalu Ibu Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.SM. selaku Pembina Hima Manajemen dan Bapak Prof. Dr. Suherman, S.E., M.Si. selaku Koorprodi.

Sumber: Sub Departemen Fotografi

Setelah sambutan berakhir, para mahasiswa baru diajak untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang program studi yang mereka ikuti. Setiap program studi, seperti S1 Manajemen, S1 Bisnis Digital, dan D4 Pemasaran Digital mendapatkan materi pengenalan prodi masing-masing dengan diarahkan dan ditertibkan oleh Sie KDSP untuk memandu mahasiswa baru menuju Gedung M.  Setelah pengenalan masing-masing program studi, para mahasiswa baru kembali ke Aula Bung Hatta untuk mendengarkan materi kedua yang dihadirkan oleh Pak Shandy Aditya, BIB., MPBS. Beliau menyampaikan mengenai “Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi, serta menjelajahi wawasan tentang Kewirausahaan, Prospek, dan Peluang Kerja”.

Sumber: Sub Departemen Fotografi

Tidak hanya itu, agenda pada PAS 1 juga mencakup rangkaian kegiatan menarik lainnya, termasuk Focus Group Discussion (FGD), lalu dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah momen beristirahat, dilanjutkan dengan materi ketiga mengenai Pengisian KRS dan Siakad yang disampaikan oleh Divisi Legal Hima Manajemen, diikuti dengan materi keempat oleh Bapak Bangun Indra Pratama, yang membahas mengenai Nusantara 4.0. Setiap sesi materi diakhiri dengan sesi tanya jawab dan post-test, memastikan pemahaman dari para peserta, yang mana mahasiswa baru tidak hanya mengikuti serangkaian acara secara pasif, tetapi juga terlibat dalam interaksi dan pelibatan yang menyeluruh.

Perjalanan acara PAS 1 berlanjut dengan agenda Kapita Selekta Hima Manajemen FE UNJ, di mana anggota Hima Manajemen memperkenalkan diri, serta menguraikan program kerja yang telah mereka laksanakan selama satu periode. Selanjutnya, sesi Kapita Selekta Panitia PKKMB Prodi Manajemen menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan pemikiran. Pengujung acara diramaikan oleh sesi manajemen konflik yang diikuti oleh penutupan yang diawali oleh MC, diikuti dengan doa penutup dan penangkapan momen berharga melalui dokumentasi. Sebagai penutup, pengondisian pulang juga menjadi bagian penting dalam memberikan pengalaman yang utuh.

PAS 2

Sumber: Dokumentasi

Tidak berhenti sampai di sini, rangkaian PKKMB Prodi Manajemen kemudian berlanjut, yaitu rangkaian PAS 2 yang diadakan secara daring melalui zoom meeting, pada tanggal 25 Agustus 2023. Meskipun diselenggarakan secara online, semangat dan substansi yang dihadirkan dalam PAS 2 tidak kalah menarik dengan PAS 1, mengindikasikan komitmen panitia dalam memberikan pengalaman terbaik bagi mahasiswa baru Program Studi Manajemen.

PAS 2 membawa rangkaian materi yang tak kalah berharga. Dimulai dengan sesi materi Mahasiswa Berprestasi yang disampaikan oleh Dimas Cahya Ramadhan selaku Mawapres Utama FE UNJ. Beliau membahas mengenai materi “Dare Yourself to be High-Value Student” dan memberikan wawasan serta kiat bagi para mahasiswa baru untuk meraih prestasi akademik yang gemilang. Sesi berlanjut dengan materi kedua yang disampaikan oleh Kak Bagus Sriyono selaku Kepala Departemen PSDM BEM FE UNJ, mengenai penjelasan ORMAWA dan OPMAWA di FE UNJ.

Materi selanjutnya, yaitu mengulas tentang Management Event yang disampaikan oleh Kak Nauval Muhammad. Beliau menyampaikan bahwa Management Event 2023 mengusungkan tema menarik, yaitu “Real Action for a Better Environment”, yang mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan dan mengajak mahasiswa untuk terlibat dalam tindakan nyata demi lingkungan yang lebih baik. Mengakhiri rangkaian materi pada PAS 2, yaitu sosialisasi mengenai Management Inauguration yang disampaikan oleh Raihan Hady selaku Ketua Angkatan Prodi Manajemen 2023.

Sumber: Dokumentasi

Keberagaman serta keseruan kegiatan pada PAS 2 juga menjadi sorotan, di antaranya adalah adanya sesi debat di mana peserta ditempatkan di breakout room untuk melibatkan diri dalam diskusi dan penilaian debat secara real-time. Selain itu, juga terdapat sesi sharing session bersama alumni. Sebagai bentuk penghargaan bagi para mahasiswa baru yang telah antusias mengikuti rangkaian acara PKKMB Prodi Manajemen 2023, acara ini juga mengumumkan penghargaan bagi Maba dan Miba Terbaik yang diraih oleh Hilmy Nur Fauzan dari Kelompok Sultan Hasanuddin dan Naura Yasmin dari Kelompok Moh Hatta, serta kelompok terbaik diraih oleh Kelompok Moh Hatta, sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian mereka panitia memberikan sertifikat.

Sumber: Dokumentasi

Menjelang akhir acara, terdapat sesi angket yang dikelola oleh BPM Tipe dan sesi manajemen harmoni yang dipandu oleh Sie KDSP. Acara ditutup dengan penutupan oleh MC dan pembacaan doa, disertai dengan sesi dokumentasi untuk mengabadikan momen berharga tersebut. Dalam perjalanan yang panjang dan bermakna ini, PKKMB Prodi Manajemen 2023 berhasil membawa para mahasiswa baru untuk mengenal dunia perkuliahan dan memperluas wawasan mereka dengan berbagai materi dan kegiatan yang penuh semangat. (PNP/TB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri