Keseruan Pelaksanaan PAS 1 dan PAS 2 pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ekonomi Tahun 2023

Jakarta, 22 Agustus 2023, telah dilaksanakan PAS 1 Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat Fakultas Ekonomi tahun 2023. Acara berlangsung di sport complex yang berlokasi di Kampus B Universitas Negeri Jakarta. Pada tahun ini, PKKMB FE mengusung tema “Melangkah Bersama Mewujudkan FE yang Unggul dengan Kolaborasi Cerdas dan Prestasi Gemilang yang Bertujuan untuk Memberikan Pemahaman yang Mendalam tentang Lingkungan Kampus, serta Memotivasi Mahasiswa Baru untuk Mencapai Prestasi yang Gemilang”. Partisipasi dalam acara PAS 1 PKKMB FE tahun ini sungguh mengesankan, dengan lebih dari 900 mahasiswa baru ikut serta dalam kegiatan ini. Para peserta dibagi menjadi 30 kelompok yang masing-masing akan mendapatkan panduan dan arahan melalui serangkaian kegiatan yang telah dirancang dengan cermat. Tujuan utama dari PKKMB FE ini adalah untuk membantu mahasiswa baru merasa diterima dan terintegrasi dengan baik dalam lingkungan akademik dan sosial kampus.

Sumber: Sub Departemen Fotografi

Kampus B Universitas Negeri Jakarta merupakan titik kumpul mahasiswa baru, sejak pukul 5.30 WIB, para mahasiswa baru telah berdatangan memadati titik kumpul.  Acara PAS 1 PKKMB FE dimulai pada pukul 07.30 WIB oleh MC,  dilanjutkan dengan membaca doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan lagu Totalitas Perjuangan sambil berdiri sikap sempurna. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagai sambutan, mulai dari Ketua Pelaksana PKKMB FE 2023, Ketua BEM Fakultas Ekonomi, dan sambutan dari Dekanat FE UNJ sekaligus pembukaan PKKMB FE UNJ 2023 secara simbolis. Setelah mendengar berbagai sambutan dan peresmian pembukaan PKKMB FE, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi, yaitu “Mengenal FE Lebih Dekat”, oleh Dekan dan Wakil Dekan FE UNJ. Pada materi ini, peserta diperkenalkan dengan kepala program studi mereka masing-masing. Terdapat 12 program studi yang ada di FE UNJ, di antaranya S1 Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bisnis, Pendidikan Administrasi Perkantoran, D4 Admnistrasi Perkantoran Digital, D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Bisnis Digital, dan D4 Pemasaran Digital.

Sumber: Sub Departemen Fotografi

Setelah berkenalan dengan kepala program studi, agar peserta tidak bosan maka terdapat beberapa penampilan yang menjadi penyegaran, yaitu ada penampilan dari tarian Ratoh Jaroe FE UNJ dan juga tari tradisional mahasiwa FE UNJ. Sebagai selingan untuk materi kedua, yaitu “Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”. Prgram ini dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Selanjutnya, adalah pemaparan materi mengenai “Program Kreativitasan dan Inovasi Mahasiswa”. Setelah rangkaian materi disampaikan kepada mahasiswa baru FE 2023, tibalah Istirahat Sholat Makan (ISHOMA), sekaligus pelaksanaan Focus Group Discuscion (FGD). Pada kegiatan PAS 1, terdapat beberapa materi yang disampaikan dan materi terakhir yang disampaikan pada PAS 1 kali ini adalah “Pembentukan Karakter dan Kesehatan Mahasiswa”. Setelah semua materi disampaikan, terdapat pengumuman peserta dan kelompok terbaik, pembacaan doa, kesan dan pesan dari para peserta, dokumentasi, dan doa penutup, serta penutupan rangkaian acara PKKMB PAS 1 FE UNJ.

Setelah PAS 1 PKKMB FE terlaksana, dilanjutkan dengan pelaksanaan PAS 2 yang dilakukan secara online melalui zoom meeting, pada Kamis, 24 Agustus 2023. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan rangkaian Focus Group Discuscion (FGD) selama 30 menit. Setelah itu, peserta melakukan registrasi dan pengondisian. Acara dilanjutkan dengan pembukaan MC, doa pembuka, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan lagu Totalitas Perjuangan. Selanjutnya, terdapat penampilan dari Group Vokal MIKART FE UNJ. Dan tibalah acara inti PAS 2 PKKMB FE UNJ, yaitu talkshow. Pada talkshow kali ini, mengundang pembicara Mahasiswa Berprestasi FE UNJ, yaitu Kak Siska Amelia Putri. Setelah sesi talkshow selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta, untuk peserta yang ingin bertanya dipersilakan untuk menyalakan fitur rise hand dan yang terpilih dipersilakan untuk mengaktifkan fitur mikrofon. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada pembicara. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sosialisasi FORMAPRES UNJ dan juga sosialisasi Grand Economix. Setelah berbagai rangkaian acara, PAS 2 PKKMB FE sudah dipenghujung acara, ditutup dengan kesan dan pesan oleh peserta, lalu dilanjutkan dengan dokumentasi dan doa penutup sekaligus penutupan dari MC.

Selesai sudah rangkaian dari pelaksanaan PKKMB FE UNJ dan diharapkan mahasiswa baru mendapatkan gambaran bagaimana mereka akan menjalani kehidupan di kampus setelah ini. (LI/AM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *