PRESS RELEASE PELATIHAN PENGEMBANGAN BUDAYA ILMIAH 1

Jakarta – 14 Oktober 2023, telah dilaksanakan serangkaian acara Pelatihan Pengembangan Budaya Ilmiah (PPBI) 1. PPBI ini merupakan salah satu rangkaian dari PKM yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru FE UNJ untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pada acara ini, mahasiswa baru akan mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar PKM, serta sebagai pelatihan untuk mahasiswa dalam membuat PKM. PPBI kali ini bertemakan “Kembangkan Kreasi, Ciptakan Inovasi, dan Raih Prestasi Melalui PKM”, yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Acara PPBI 1 ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, yang diawali dengan peserta mengisi presensi, kemudian dilanjutkan dengan sesi pembuka oleh MC, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta Mars UNJ. Setelah menyanyikan kedua lagu tersebut, terdapat beberapa sambutan, di antaranya sambutan oleh Ketua Pelaksana PPBI 1, yaitu Septiya Vemila Putri, Ketua BEM FE UNJ, Agil Prasojo, dan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE, Bapak Indra Pahala.

Sumber: Subdept. Fotografi

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan pembacaan curriculum vitae (CV) pemateri pertama oleh Moderator yang akan memandu acara intinya. Pemateri pertama acara PPBI ini diisi oleh Hanan Nafisah (peraih medali emas PIMNAS 2022). Pemateri memaparkan materi selama kurang lebih 30 menit. Setelah pemaparan materi, Moderator melanjutkan ke sesi selanjutnya, yaitu sesi tanya jawab. Pada sesi ini, beberapa peserta aktif bertanya kepada pemateri yang kemudian memberikan jawaban. Setelah pemaparan materi dan sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada pemateri yang dipandu oleh Moderator.

Selanjutnya, untuk mengembalikan semangat para peserta dalam mengikuti acara PPBI 1 ini, acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking. Pada sesi ini, peserta sangat antusias untuk menjawab beberapa pertanyaan. Setelah sesi ice breaking selesai, Moderator membacakan kembali CV dari pemateri kedua. Pada pemateri kedua diisi oleh Rachmad Pratama Fauzi (Vice Manager Partnership Ikatan Alumni PIMNAS Indonesia). Pemaparan materi kedua juga dilakukan kurang lebih selama 30 menit. Lalu, dilanjutkan kembali sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab selesai, pemberian sertifikat kepada pemateri oleh Moderator.

Sumber: Subdept. Fotografi

Untuk mengapresiasi telah memandu acara inti, panitia memberikan sertifikat kepada Moderator. Setelah dicukupkan, Moderator mengembalikan acara kepada MC. MC kemudian melanjutkan acara selanjutnya, yaitu sosialisasi ketentuan penugasan PPBI 1. Setelah selesai sosialisasi, dilanjutkan dengan breakout Zoom peserta bersama fasil selama kurang lebih 20 menit.

Dirasa sudah berada pada penghujung acara, MC memandu peserta untuk melakukan sesi dokumentasi. Dikarenakan acara sudah semua terlaksana, maka MC menutup acara PPBI 1 dan para peserta dipersilahkan untuk keluar dari Zoom. (AM/ARS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *