SUPER SEDEKAH: Sedekah Berkulaitas, Rezeki Tanpa Batas

via Republika

SUPER SEDEKAH: Sedekah Berkulaitas, Rezeki Tanpa Batas
BY TRI BIMO S, LC., M.S.I
Judul Buku          : Super Sedekah: Sedekah Berkualitas Rezeki Tanpa Batas
Pengarang          : Tri Bimo S, Lc., M.S.I
Penerbit             : Ziyad Books
Tahun Terbit      : 2010
Halaman             : 132 halaman
            Buku ini merupakan karangan Tri Bimo S. Buku yang berjudul Super Sedekah: Sedekah Berkualitas Rezeki Tanpa Batas ini merupakan buku pertama bagi penulis. Sebelumnya, penulis berkutat dengan dunia penerjemah. Beberapa karya terjemahan penulis yang sudah diterbitkan adalah: Siapa Membeli Surga? (Aqwam), Jangan Mudah Marah (Aqwam)Allah Sayang Kamu (Aqwam), Ramadhan Sepanjang Masa (Aqwam), Kesempatan Emas-Meraih Limpahan Pahala dengan Amalan Sederhana (Aqwam), serta beberapa tulisan kompilasi lainnya. Putra ketiga dari pasangan Bapak Sofwan (Alm) dan Ibu Hj. Istijabah yang mendapatkan beasiswa studi S1 di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir ini selain hobi menuangkan ide-ide ke dalam kalimat verbal, juga menjadi staf pengajar materi Fikih Ushul Fikih di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Solo, pengajar tamu materi Bahasa Arab di MTsN 1 Solo Program Khusus, dan dosen Pusat Bahasa Asing Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Solo.
            Dalam buku pertamanya ini, penulis membahas mengenai sedekah dan ide yang dituangkan penulis berupa bahasan tentang pengertian sedekah hingga manfaat sedekah. Penulis menyatakan bahwa sebagian manusia mempertanyakan perbedaan infak dan sedekah. Infak biasa digunakan untuk hal-hal yang bersifat material dan bisa dinilai dengan indra, misalnya berupa uang atau barang, sedangkan sedekah bersifat lebih umum dari infak dan dapat digunakan untuk hal-hal material dan immaterial, misalnya bertengkar atau membuang duri. Melalui buku ini penulis menekankan bahwa sedekah di jalan Allah berkaitan erat dengan keimanan, yaitu keyakinan bahwa kita tidak akan merugi dengan sedekah kita dan akan senantiasa beruntung kala bermuamalah dengan Allah. Selain itu, kehebatan Rasulullah terkait sedekah juga dijadikan suri tauladan utama oleh penulis. Entah bahasa apa yang paling tepat untuk ditambatkan pada diri Rasulullah terkait kehebatan berliau bersedekah. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwa seandainya beliau memiliki emas sebanyak bukit Uhud, dan tiga hari setelahnya beliau masih menyimpan harta tersebut, maka beliau tidak merasa senang. Rasulullah akan menyedekahkan sebagian besar harta tersebut. Hanya sedikit yang disisakan yaitu “syai’ un urshiduhu lidain”. Hanya sedikit yang disisakan dan itu pun untuk melunasi hutang.
            Buku ini juga menggambarkan bagaimana pandangan manusia tentang harta. Terkadang manusia terlalu sistematis hartanya. Bahkan ada sebagian kalangan bakhil yang beranggapan bahwa harta yang disedekahkan akan menjadi penyebab kefakiran. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda: “Harta seseorang tidak akan berkurang karena sedekah dan tidaklah seorang dizalimi kemudian ia bersabar, kecuali Allah akan menambah kemuliaannya. Tidaklah seorang membuka pintu meminta-minta kecuali Allah akan bukakan pintu untuknya kefakiran”. (HR. Tirmidzi). Melalui hadis yang disampaikan Rasulullah, seharusnya manusia sadar untuk menyegerakan sedekahnya. Selain itu, sedekah memiliki banyak manfaat diantaranya sedekah sebagai pelebur dosa, menghilangkan murka dan menghindarkan Su’ ul Khatimah, mendatangkan Rahmat Allah di dunia dan akhirat, menguatkan iman seseorang, mendatangkan perlindungan Allah pada Hari Akhir, serta menghilangkan berbagai kesulitan.
            Melalui pembahasan mengenai sedekah yang dituangkan penulis dalam buku ini, maka dapat disimpulkan mengenai isi buku bahwa sedekah merupakan bagian amal sosial yang menjadi ciri khas setiap muslim. Sedekah tidak mengenal waktu dan situasi, geografis dan demografis. Maka, sedekah dianjurkan untuk dilakukan. Rasulullah adalah manusia yang paling mudah dan ringan dalam bersedekah. Bahkan, kedermawanan beliau digambarkan seperti angin yang bertiup. Beliau adalah manusia terbaik dalam bersedekah. Pahala sedekah adalah pahala tanpa batas. Ia akan mengalir selamanya, sebagaimana amal sedekah disyariatkan melintasi batas waktu, sosial, geografis, dan batas situasi dan kondisi.
            Buku yang ditulis dengan gaya bahasa yang cukup indah dan mudah dipahami ini sangat menyentuh hati pembaca. Tidak hanya memberikan pengetahuan baru mengenai sedekah beserta manfaatnya, namun juga mampu mendorong pembaca untuk merealisasikan ide yang dituangkan penulis tentang sedekah. Dalam buku yang cukup banyak menghadirkan firman Allah dalam Al-Qur’an dan hadist Rasulullah tentang sedekah ini, mampu memberikan gambaran betapa besarnya nilai sedekah. Akhirnya, buku ini mampu menjadi pendorong untuk melahirkan penulis baru yang mampu menyampaikan ide-ide yang bermanfaat seputar Islam khususnya dalam penulisan buku seperti buku “Super Sedekah: Sedekah Berkualitas Rezeki Tanpa Batas”, serta memberikan motivasi bagi pembaca untuk menjadi manusia yang lebih baik. Insha Allah.
             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio