G3MMA LPM ECONOCHANNEL PROAKTIF : “Gerakan 3M Menyatukan Asa”

   Pada tanggal 31 Maret – 2 April telah diselenggarakan acara 3M ( Mocab, Muker, Makrab ) dengan tema “G3MMA ( Gerakan 3M Menyatukam Asa )” di Villa Tulip, Cipendawa, Cipanas. 3M ( Mocab, Muker, Makrab ) adalah acara yang diadakan oleh LPM EconoChannel setiap tahunnya dengan tujuan untuk menjalin keakraban antar anggota dan memusyawarahkan program kerja dan non program kerja yang dirancang oleh masing-masing departemen selama satu periode ke depan. Acara tersebut dihadiri oleh 70 anggota EconoChannel Proaktif dan para undangan yang hadir saat itu.
[ Jumat, 31 Maret 2017 ] 
Pukul 17.00 WIB, seluruh pengurus EconoChannel Proaktif berkumpul di lapangan teater terbuka UNJ. Pada pukul 21.00 WIB, seluruh peserta dan panitia menaiki bus untuk pergi ke tempat yang dituju. Sekitar 2 jam perjalanan tepat pukul 23.30 WIB, sampailah di Villa Tulip, Cipendawa, Cipanas. 
[ Sabtu, 1 April 2017 ]
Pada hari sabtu memasuki acara inti yaitu Musyawarah Kerja yang dimulai pukul 09.00 WIB. Dimana masing – masing departemen memaparkan program kerja maupun non program kerja yang dirancang untuk satu periode ke depan.
Acara dibuka oleh Akmal At-Thorobi dan Deni Sukayugi, selaku Pembawa Acara.  Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan ketua pelaksana oleh Rhesa Pramudita, dan Auliadi Ahmad selaku Pemimpin Umum EconoChannel Proaktif.
   Pemaparan pertama oleh Biro Dana dan Usaha. Biro tersebut memiliki program kerja seperti membuat baju PDH dan ID Card, Tokochan, Judika atau Jualan di Kelas, Jual Barang Bekas, Pre Order Note, Penonton Bayaran dan Contest For Chan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Biro Kesekretariatan. Biro Kestari mempunyai 8 Program Kerja, yaitu Database Anggota EC, Alarm Ulangtahun, Proud With Black (PWB), Mading Internal EC (MIEC), Bedah Sekret 1&2, Jadwal Piket, Pelatihan Kearsipan Surat Menyurat, dan Perpustakaan Mini. Pukul 09.39 WIB dilanjutkan dengan pemaparan dari Departemen Hubungan Mahasiswa. Departemen Humas memiliki 7 Program Kerja,  yaitu Open Media Partner, Company Visit, Studi Banding, Social Media, Majalah Dinding Gedung N, Kapita Selekta, dan Pers Sahabat.
(Pemaparan Proker Biro Danus)
   Selanjutnya, Pemaparan dari Departemen PSDM yang mempunyai 6 Program Kerja, yaitu SPEC Internal, SPEC Eksternal, Monitoring, PSDMenyapa, Indeks Prestasi Kader, dan Komunitas Jurnalistik. Departemen PSDM mempunyai 1 Non Program Kerja yaitu One Man One Achievement (OMOA). Pemaparan selanjutnya oleh Departemen Redaksi. Departemen Redaksi mempunyai 4 Program Kerja yaitu Majalah, Buletin, BlogUp EC, dan G-FEM.
(Suasana Musyawarah Kerja)
 Dilanjutkan pemaparan dari SubDepartemen Reporter yang memiliki 4 Program Kerja, yaitu Liputan. BlogUp, Live Reporting dan EconoChannel Writing (EWC). Juga memiliki 2 Non Program Kerja yaitu, Liliput (Lelang Liputan) dan Kumpul Reporter ( Kuper). Kemudian dilanjutkan lagi pemaparan dari SubDepartemen Litbang. SubDepartemen tersebut memiliki 3 Program Kerja yaitu Kalsium (Kajian Eksternal dan Diskusi Umum), Kadal (Kajian dalam Lingkup Internal) dan KUE. 
(Suasana Musyawarah Kerja)
 Dilanjutkan oleh SubDepartemen Fotografer yang memiliki 3 Program Kerja, yaitu Hunting, Lomba Foto, dan Pameran.
Selanjutnya pukul 10.58 WIB dilanjutkan pemaparan ilustrator yang memiliki program kerja EconoChan dan What’s on Today. Selanjutnya dari SubDepartemen Editor. Yang memiliki 2 Program Kerja, yaitu Membantu Mengedit Penulisan dalam Majalah,Buletin,BlogUP dan Monthly Editing. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari SubDepartemen Layouter yang memiliki 3 Program Kerja yaitu Desain Majalah, Desain Buletin dan Desain Kadal.
Dan terakhir ditutup pemaparan dari BPH-i  pada Pukul 11.14 WIB yang menjelaskan Visi dan Misi LPM EconoChannel Proaktif dan memaparkan program kerjanya, yaitu Micro Upgrading, Ultah EC, Bukber EC, Mini Upgrading, GREAT 4th, Upgrading, dan RTA ( Rapat Tahunan Anggota ).
(Serah terima Jabatan oleh Dian Lestari kepada Auliadi Ahmad)
Selanjutnya pada pukul 13.30 diadakan sharing bersama Dian Lestari (Alumni Pemimpin Umum EC Produktif), Gearent Firdaus ( DPO EC Proaktif), Ayu Wulandari (Alumni Bendahara 1 EC Produktif), Rifqi Fadilah ( Alumni Kadept. Litbang EC Produktif), dan Sahat Pangihutan (Alumni Kadept. Humas EC Produktif) yang berbagi pengalaman selama ada di EC dan memberikan masukan untuk EC Proaktif ke depannya agar lebih baik lagi.
   Pukul 20.00 WIB seluruh staff dari masing-masing biro/dept/subdept menampilkan hiburan dalam bentuk apapun kepada Kabir/Kadept/KaSubDept nya. Dilanjutkan tukar kado antar anggota, dan para seluruh staff membacakan Ikrar Organisasi yang dipimpin oleh Auliadi Ahmad, selaku Pemimpin Umum LPM EconoChannel Proaktif.
[ Minggu, 2 April ]
(Kegiatan Post to Post)
  Pukul 02.30 WIB seluruh anggota LPM EconoChannel Proaktif melaksanakan solat tahajud, dilajutkan dengan post to post. Kegiatan post to post tersebut merupakan ajang masa orientasi anggota baru, dan bertujuan untuk menguji seberapa paham anggota baru mengenal EconocChannel. Kegiatan post to post berakhir sampai dengan pukul 04.30 WIB. Setelah itu, pada pukul 07.00 WIB diadakan kegiatan outbond, guna melatih kekompakan dan kebersamaan antar anggota. Penutupan acara 3M sekitar pukul 12.00 WIB yang sebelumnya diisi dengan menonton video selama 3M, memberikan reward kepada kelompok yang memenangkan outbond dan kelompok yang mendapat poin terbanyak pada saat post to post serta pembacaan doa yang dipimpin oleh Rhesa Pramudita, selaku Ketua Pelaksana. (rtr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *