KESERUAN DEKAN CUP FAKULTAS EKONOMI 2019

Foto Oleh Anggi

Fakultas Ekonomi Universitas  Negeri Jakarta kembali menyelenggarakan acara Dekan Cup FE UNJ 2019, yang telah berlangsung sejak 1 – 12 April 2019. Opening Dekan Cup dilaksanakan di lapangan UPT Perpustakaan, kampus A, Universitas Negeri Jakarta.  Acara dibuka oleh MC pada pukul 13.30 WIB dan dilanjut dengan pembacaan doa, serta sambutan dari Wakil Dekan 3, Dr. Indra Pahala, M. Si., Ketua BEM FE 2019, M. Rizqi Mutaqeen, dan Ketua Pelaksana Dekan Cup,  Adib Ichwan.

Dekan Cup merupakan rangkaian wajib yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi setiap tahunnya dalam rangka memperingati ulang tahun Fakultas Ekonomi. Acara Dekan Cup ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan para mahasiswa angkatan 2018 yang berkolaborasi per prodi bersama seniornya.

“Agenda Dekan Cup merupakan salah satu rangkaian yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi itu sendiri dan agenda ini merupakan pembuka dari acara Economics Expo di bidang olahraga. Tujuan diadakannya Dekan Cup, yaitu untuk menggalakkan sportivitas serta kreativitas mahasiswa,” ujar Rizqi.

 “Tahun lalu kita berhasil mendapatkan 38 juara dan salah satu yang paling banyak dari cabang futsal. Dekan Cup ini merupakan salah satu wadah Fakultas Ekonomi untuk bisa menghasilkan bibit-bibit unggul dan kami selaku Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melayani mahasiswa untuk mengembangkan minat serta bakat mereka,” lanjut  Rizqi.

Foto oleh Anggi

Acara Dekan Cup ini diisi dengan berbagai macam lomba olahraga serta kreativitas mahasiswa. Lomba-lomba tersebut di antaranya futsal, bulu tangkis, tenis meja, basket, voli, e-sport, tarik tambang, catur, short movie, doodle art, dan akustik. Para panitia sangat antusias mempersiapkan acara Dekan Cup ini.

“Persiapannya yang paling penting ada dua, kepesertaan dan persiapan barang-barang. Persiapan barang-barang itu sendiri sudah dari seminggu atau dua minggu sebelum Dekan Cup dimulai. Pendaftaran peserta sudah dilaksanakan sekitar 2-3 minggu sebelum acara dimulai,” ujar Adib

“Untuk antusias peserta saya bisa merasakan dari opening itu sudah sangat ramai dan di luar ekspektasi saya. Serta waktu pendaftaraan dibuka, peserta berlomba-lomba mengajukan formulir pendaftarannya,” sambung Adib.

Euforia dan semangat mahasiswa Fakultas Ekonomi membuat acara Dekan Cup ini berlangsung  dengan lancar dan meriah. Hingga beberapa prodi memegang juara dalam masing-masing lomba. Untuk futsal putra dimenangkan oleh S1 Akuntansi, futsal putri dimenangkan oleh S1 Pendidikan Bisnis. Lalu, Voli putra dimenangkan oleh S1 Pendidikan Ekonomi Koperasi, Voli putri dimenangkan oleh S1 Manajemen. Kemudian, tarik tambang putra dimenangkan oleh S1 Manajemen, tarik tambang putri dimenangkan oleh D3 Administrasi Perkantoran. Selanjutnya, basket putra dimenangkan oleh S1 Akuntansi serta basket putri dimenangkan oleh D3 Administrasi Perkantoran. Lalu, tenis meja dimenangkan oleh S1 Pendidikan Bisnis, catur dimenangkan oleh S1 Pendidikan Bisnis dan D3 Akuntansi. Sedangkan, untuk e-sport-nya, ML dimenangkan oleh S1 Pendidikan Ekonomi Koperasi dan S1 Pendidikan Akuntansi, PUBG dimenangkan oleh S1 Manajemen dan D3 Administrasi Perkantoran, serta FIFA dimenangkan S1 Menejemen dan S1 Akuntansi.

“Tips buat menang itu kita harus terus berusaha dan berdoa, intinya karena kuasa Tuhan kita bisa mencapai semua,” ucap Dimas salah satu pemenang dari prodi S1 Akuntansi.

“Sepatah kata buat Dekan Cup, tingkatkan terus kualitasnya dan untuk informasi lebih diperjelas, dan juga  jadwal disebar secepatnya, jangan sampai pemainnya yang justru bertanya-tanya,” lanjut Dimas.

“Kesan mengikuti Dekan Cup, enak dan seru sih kalau dilaksanakannya jam dua siang, karena teman-teman masih ada di kampus dan jadi semangat karena banyak yang kasih support. Kalau habis maghrib kurang semangat karena udah enggak ada suporternya. Lalu, untuk panitia jangan ngaret aja sih ya,” ujar Rani Marlina salah satu pemenang futsal putri dari S1 Pendidikan Bisnis. “Harapan untuk Dekan Cup ke depannya ada kebijakan dari FE untuk libur supaya mahasiswa lainnya menonton hehe,” lanjut Rani.

Dengan diadakannya acara Dekan Cup ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa, menumbuhkan jiwa sportivitas antar prodi, serta dapat menciptakan bibit unggul di Fakultas Ekonomi ke depannya.

“Harapan saya untuk Dekan Cup tahun depan lebih lancar dari tahun ini dan pesertanya lebih banyak yang berpartisipasi,” ucap  Adib. (NTA/DM)

Foto oleh Anggi
Foto oleh Anggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *