5 Klub Badminton Indonesia yang Menjadi Rumah Bagi Para Atlet Hebat

Nama pebulutangkis seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting yang sedang melambung saat ini merupakan binaan dari klub bulutangkis seperti PB Djarum dan lain-lain. Berikut ini 5 badminton klub yang menjadi rumah bagi atlet-atlet hebat Indonesia.

Foto: google.com1. PB Djarum
Perkumpulan Bulutangkis Djarum (PB Djarum) merupakan salah satu klub bulutangkis besar di Indonesia. PB Djarum diresmikan sejak tahun 1974. Sejak 2006, atlet binaan PB Djarum menepati GOR Jati sebagai tempat latihan. GOR Jati digunakan sebagai pusat pelatihan untuk sebagian atlet PB Djarum yang dikategorikan untuk putra dan putri tunggal. Sementara, atlet yang dikategorikan untuk pemain ganda mendapat pelatihan di PB Djarum Jakarta. PB Djarum mendapat atlet-atlet hebat seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, dan Tontowi Ahmad.

2. PB Jaya Raya.
Perkumpulan Bulutangkis Jaya Raya (PB Jaya Raya) berdiri pada tahun 1975 di Jakarta. Pada awal berdiri, PB Jaya Raya menggunakan Hall A di GOR Kuningan, Jakarta Selatan. Seiring berjalannya waktu, pusat pelatihan PB Jaya Raya pindah ke komplek sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan. PB Jaya Raya memiliki visi “Membina dan menghasilkan atlet-atlet bulutangkis berkelas dunia.” Atlet-atlet hebat jebolan PB Jaya Raya antara lain Nitya Krishinda Maheswari Korwa, M. Rian Ardianto, Hendra Setiawan, Hafiz Faisal, dan Greysia Polii.

3. SGS PLN Bandung
Sangkuriang Graha Sarana PLN Bandung atau SGS PLN Bandung memiliki pusat pelatihan di Taufik Hidayat Arena. Taufik Hidayat Arena berlokasi di Jakarta. Namun, pelatihan dan pelatihan awal tetap berada di Bandung. SGS PLN telah berdiri cukup lama sejak tahun 1987. Klub ini telah menghasilkan beberapa bintang seperti Fajar Alfian, Anthony Sinisuka Ginting, dan Richi Puspita Dili.

4. PB Exist
PB Exist dikenal mendapat para pebulutangkis ternama yang selalu meraih gelar juara di kejuaraan-kejuaraan-nasional yang lalu seperti Fitriani, Priskila Siahaya, dan Felix Eka. Para atlet binaan PB Ada yang bekerja di kawasan komplek perumahan Nirwana Estate, Jalan Cikaret Raya, Cibinong, Bogor. GOR ini memiliki luas tanah seluas 1.500 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 2.600 meter persegi. GOR tersebut difasilitasi dengan 7 lapangan, asrama, ruang belajar, perpustakaan, tempat fitnes, ruang video, hingga gedung multifungsi.

5. PB Tangkas

Salah satu tempat pencetak para atlet bulu tangkis dunia adalah PB Tangkas. PB Tangkas yang berlokasi di area Tanjung Duren, komplek Greenville, Jakarta Barat. PB Tangkas berdiri sejak 21 Februari 1951. Beberapa juara dunia jebolan PB Tangkas adalah Ade Chandra (1980, Jakarta), Verawati Fajrin (1980, Jakarta), Icuk Sugiarto (1983, Birmingham), Joko Supriyanto (1993, Copenhagen), Ricky Subagdja ( 1993, Kopenhagen), Ricky Subagdja / Rexy Mainaky (1995, Lausanne), dan Hendrawan (2001, Sevilla).

Itulah 5 klub badminton yang merupakan rumah para atlet-atlet hebat Indonesia. Selain 5 klub badminton di atas, Indonesia sebenarnya memiliki lebih banyak lagi klub-klub badminton. Klub badminton tersebut biasanya akan mengadakan audisi untuk mencari orang-orang berbakat di bidang bulu tangkis. (Rini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri