PELAKSANAAN PKM TERINTEGRASI KKN FE UNJ 2019

Pada bulan Agustus dan September 2019 telah dilaksanakan PKM Terintegrasi KKN di dua kecamatan di Jakarta Timur. Kegiatan ini mengambil tema “PKM Kewirausahaan di Kecamatan Pulo Gadung dan Matraman dalam Meningkatkan Kemampuan Manajerial dalam Bidang Keuangan dan Manajemen Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM)”. PKM Terintegrasi KKN ini merupakan bentuk pengaplikasian dunia ekonomi dalam menjalankan usaha. Kegiatan ini diikuti 6 orang mahasiswa dari program studi Akuntansi Angkatan 2017, antara lain Almira, Fyra, Nadya, Rani, Sahnaz, dan Sintha. Sementara dosen pembimbing pada kegiatan ini adalah Ibu Diah Armeliza, M.Ak, Ibu Indah Muliasari, M.Ak, dan Ibu Nuramalia Hasanah, M.Ak

PKM Terintegrasi KKN terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 29 & 30 Agustus 2019 dan kegiatan pendampingan yang dilaksanakan pada tanggal 2 & 3 September 2019.

Kegiatan Pelatihan

Kamis, 29 Agustus 2019: Pelatihan hari pertama di Kecamatan Matraman dan Pulo Gadung.

Jumat, 30 Agustus 2019: Pelatihan hari kedua di Kecamatan Matraman dan Pulo Gadung.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada waktu yang bersamaan di Kecamatan Matraman dan Pulo Gadung. Kegiatan di kecamatan Pulo Gadung bertempat di TKK PPIKM (Tempat Kumpul Kreatif Pusat Promosi Industri Kayu dan Meubel). Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 13.00 s/d 15.00 WIB.  Pelatihan ini membahas mengenai dasar dari laporan keuangan yang disampaikan oleh pembicara yang berasal dari dosen fakultas ekonomi UNJ. Peserta pelatihan ini berasal dari masyarakat sekitar yang sudah memiliki usaha kecil maupun yang ingin merintis usaha. Beberapa diantara mereka ada yang membawa produk dagang mereka yang beraneka ragam, seperti jenis kerajinan tangan maupun makanan. Peserta datang dengan antusias dan mendengarkan materi secara seksama. Interaksi terjalin diantara pembicara dan peserta yang dibuktikan dengan aktifnya peserta bertanya mengenai materi yang disampaikan. Dalam pelatihan ini mahasiswa terlibat dalam mengabsensi peserta, membagikan fotokopi materi, membagikan kuesioner kepada peserta, dan mendokumentasikan acara tersebut. Dalam pelatihan ini, perwakilan dari UNJ juga menginformasikan adanya kegiatan pendampingan yang akan dilakukan pada awal September. Setelah kegiatan pelatihan selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Kegiatan Pendampingan

Senin, 2 September 2019 di RPTRA Utakara Beriman. Kegiatan pendampingan dilakukan kepada Ibu Riri dan Ibu Pudji (2 Peserta).

     

Selasa, 3 September 2019 di TKK PPIKM (8 Peserta)

Setelah kegiatan pelatihan selesai dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan. Kegiatan pendampingan dilaksanakan di RPTRA Utakara Beriman dan TKK PPIKM.  Kegiatan Pendampingan menggunakan metode yang berbeda dengan pelatihan. Apabila pada kegiatan pelatihan lebih fokus mendengarkan materi, untuk kegiatan pendampingan difokuskan dengan praktek langsung pembuatan laporan keuangan dengan metode “face to face” kepada peserta.

Proses ini terbagi menjadi dua sesi. Yaitu sesi pagi dan sesi siang, dengan kuota peserta per sesinya maksimal 5 orang. Di kegiatan ini, peserta bisa berkonsultasi pembuatan laporan sesuai dengan usaha mereka masing-masing. Mahasiswa KKN memberikan pembelajaran langsung pembuatan laporan keuangan yang dimulai dengan bagaimana mengetahui kode akun, pembuatan jurnal, pembuatan laporan laba rugi, perubahan modal, juga neraca dengan Microsoft Excel. Disini peserta juga diperkenalkan dengan aplikasi SI APIK (Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan). Aplikasi ini merupakan aplikasi akuntansi usaha mikro kecil berbasis android yang dikembangkan oleh Bank Indonesia sesuai dengan standar akuntansi EMKM yang diperuntukkan bagi masyarakat yang terlibat dalam UMKM.

Banyak peserta pendampingan yang akhirnya mengerti bagaimana membuat usaha mereka lebih terarah khususnya dalam pembuatan laporan keuangan. Setelah kegiatan pendampingan selesai, dilanjutkan dengan penutupan dan sesi foto bersama. (rlm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
güvenilir bahis siteleri