Kadal 172 : Lidah Buaya Asli vs Gel Aloe Vera, Lebih Baik yang Mana?

Akhir-akhir ini, penggunaan aloe vera bukan lagi menjadi hal yang tabu di masyarakat. Dari generasi ke generasi, aloe vera dianggap sangat ampuh untuk perawatan kecantikan. Bahkan, di zaman sekarang ini sudah banyak produk-produk olahan berbahan dasar lidah buaya dengan beberapa varian pengharum tambahan tentunya. Sebagai contoh, terdapat salah satu produk pelembab kulit berbahan dasar lidah buaya dengan tambahan aroma kelapa serta tomat. Hal ini tentu menjadikan masyarakat percaya bahwa lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki khasiat baik untuk kecantikan.

Munculnya gel aloe vera olahan, tentu membuat masyarakat berpikir bahwa jika olahan dari lidah buaya saja sangat ampuh terhadap kulit, kenapa tidak menggunakan tanaman lidah buaya asli untuk perawatan wajah? Hal ini membuat banyak masyarakat yang akhirnya mengaplikasikan langsung getah tanaman lidah buaya pada kulit wajah mereka. Namun, apakah hal ini baik atau malah berbahaya untuk wajah kita? Mana yang lebih baik antara tanaman lidah buaya atau lidah buaya olahan di pasaran?

Menurut riset penelitian yang sudah dilakukan, tanaman lidah buaya memang memiliki khasiat yang sangat baik untuk wajah. Akan tetapi, lidah buaya olahan memiliki fungsi yang jauh lebih baik daripada tanaman lidah buaya yang belum diolah. Hal ini terjadi karena setiap produk yang sudah diolah pasti zat baiknya sudah diambil dan zat buruknya sudah dibuang terlebih dahulu. Apa, sih, contoh zat buruk dari tanaman lidah buaya?

Tanaman lidah buaya yang dikenal sebagai tanaman yang baik untuk kulit tentulah memiliki zat buruk. Bagian dari lidah buaya yang digunakan untuk perawatan kulit adalah dagingnya. Di dalam daging lidah buaya itu sendiri terdapat getah. Getah tersebut jika terus bersentuhan dengan kulit dapat membuat efek samping seperti gatal, panas, atau bahkan membuat wajah kemerahan.

Jika digunakan sesekali, tanaman lidah buaya memang terlihat aman bahkan lebih ampuh jika dibandingkan dengan gel aloe vera kemasan. Akan tetapi, jika digunakan secara berkala, tentu akan menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus meminimalisasi penggunaan getah dari lidah buaya secara langsung, ya, girls??

Research and Development By Puspa Anggraeni

Edited by Rahmadiani Irsy

Source :

https://www.suara.com/health/2019/12/05/161238/perawatan-kulit-lebih-baik-lidah-buaya-asli-atau-sudah-berbentuk-gel?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *