Qris Creative Jingle Competition adalah acara kekinian yang berbasis idea creative jingle Qris dapat diikuti oleh siswa/i dan mahasiswa/i serta masyarakat umum. Acara kompetisi ini juga merupakan salah satu program kerja dari Departemen Edukasi Masyarakat GenBI Universitas Negeri Jakarta periode 2021/2022. Acara ini baru saja diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting pada 25 September 2021 yang dihadiri oleh 25 peserta.
Seperti yang kita ketahui, Qris atau QR code ini merupakan sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Sistem transaksi Qris dapat digunakan diseluruh tempat transaksi di Indonesia, di antaranya meliputi pasar tradisional, swalayan, warung, atau toko dan tempat transaksi lainnya.
Acara dimulai pukul 14.00 WIB yang dibuka oleh MC, yaitu Maretta Diana dari Departemen Edukasi Masyarakat GenBI Jakarta. Dengan mengucap bismillah, acara pengumuman pemenang lomba Qris ini resmi dibuka. Acara selanjutnya, yaitu pemutaran lagu “Indonesia Raya”. Lalu, dilanjut dengan pemberian sambutan oleh ketua pelaksana Qris Creative Jingle Competition 2021, Audrillia Rifdah. Beliau menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Qris Creative Jingle Competition adalah sebagai langkah untuk memperkenalkan Qris melalui perlombaan yang bersifat edukasi, mengembangkan minat masyarakat untuk menggunakan Qris dan mengembangkan potensi peserta lomba dalam mengemas materi Qris menjadi suatu karya yang unik.
Acara selanjutnya ialah sambutan dari ketua GenBI UNJ, yaitu Aditya Pratama. Beliau juga turut menyampaikan terkait diselenggarakannya Qris Creative Jingle Competition sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat. Selain itu, Qris Creative Jingle Competition juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas berkenaan dengan sosialisasi Qris.
Acara berlanjut dengan pemberian sosialisasi Qris dari Departemen EDUMAS UNJ, yaitu Nabilah prisillia. Di dalam materi sosialisasinya, beliau menginformasikan bahwa Qris merupakan kode QR pembayaran yang dapat dibaca oleh semua aplikasi. Hal itu karena terdapat sistem penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran. Beliau menegaskan bahwa Qris bukanlah aplikasi, melainkan standar QR code pembayaran.
Selain itu, pada materi PowerPoint terdapat penjelasan mengenai Bank Indonesia yang semakin gencar dalam memperluas implementasi penggunaan Qris diseluruh lapisan masyarakat dengan prinsip utama, yaitu “CEMUMUAH”. “CEMUMUAH” adalah kepanjangan dari Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal.
Berikut merupakan artinya dari kelima prinsip utama di atas:
1. Cepat
Para palaku usaha atau kasir tidak perlu menghitung uang kembalian. Hal ini juga bertujuan meminimalisasi kontak langsung dan antrean panjang.
2. Mudah
Para pembeli dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun, sedangkan pelaku usaha juga cukup mempunyai satu akun untuk menerima semua pembayaran melalui code QR.
3. Murah
Biaya transaksi yang ditanggung oleh merchant untuk Qris terbilang murah hanya sebesar 0,7% dibanding dengan cara transaksi pembayaran lainnya karena terdapat banyak promo dan cashback.
4. Aman
Aman berarti tidak akan terjadi transaksi uang palsu dan meminimalisasi sentuhan fisik antar pihak yang melakukan transaksi.
5. Handal
Transaksi dapat terproses dan terekam secara otomatis sehingga memudahkan penjual untuk menganalisis strategi keuangan usaha kedepannya.
Pada sosialisasi selanjutnya, yaitu menerangkan bahwa BI bersama ASPI terus mengembangkan layanan dan fitur pada Qris. Pada 17 Agustus 2021 atau bertepatan dengan HUT RI ke-76, BI memperkenalkan fitur terbaru QRIS dalam rangka mewujudkan program Indonesia menuju cashless society. Bank Indonesia memberi kado kemerdekaan dengan meluncurkan Qris antarnegara yang terdiri dari Malaysia, Thailand, dan Arab saudi. Selain itu, Qris juga memiliki jenis pembayaran melalui tatap muka dan transfer tarik-setor.
Setelah sesi sosialisasi, MC memandu sesi bermain games Kahoot melalui web www.kahoot.it atau aplikasi Kahoot! app. Sesi games ini terbilang seru karena games-nya berupa pertanyaan seputar Qris. Setelah selesai bermain games Kahoot, MC mengumumkan pemenang games yang dimenangkan oleh Nudiya Muntaza sebagai juara 1 dan juara 2 diraih oleh Hams.
Tibalah acara inti yang dinantikan oleh seluruh peserta lomba Qris. Pengumuman pemenang yang diumumkan oleh MC, cukup membuat sesi ini seketika berubah menjadi menegangkan. MC mengumumkan juara 3 dengan skor 7,58 dan berhasil diraih oleh M. Nudiya Muntaza Mufadlol. Juara 2 diraih oleh Richo Kusuma Putra dengan skor 7,66. Juara 1 dari institusi belajar piano Semarang dengan skor 7,91 berhasil diraih oleh Muhammad Bntang Alfaridzie dan Rezka Widya Febriani. Pada sesi ini berupa pemaparan video pemenang, pemberian sertifikat, dan sesi dokumentasi dengan ketua pelaksana.
Sebelum acara ditutup, MC memandu sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia yang hadir di ruangan Zoom. Diakhir acara, MC mengimbau peserta untuk mengisi link evaluasi acara sebagai persyaratan untuk mendapatkan E-sertifikat dari acara Qris Creative Jingle Competition. (TAN/RAH)
You may also like
-
Closing Klinik Prestasi 2024: Membuka Jalan Menuju Karier dan Pertumbuhan Pribadi
-
Press Release Talkshow Erafest Radiovolution
-
KESERUAN ACARA ON THE SPOT (OTS) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2024
-
KESERUAN ACARA OPENING KLINIK PRESTASI TAHUN 2024
-
KESERUAN KEGIATAN PAS 2 PKKMB RUMPUN MANAJEMEN 2024 DISERTAI PAPER MOB MOZAIK