Kadal 184 : Mengapa Sering Merasa Lelah Meski Tidurmu Cukup?

Sering merasa lelah adalah cara tubuh meminta respon diri untuk melakukan istirahat. Namun, lelah juga dapat terjadi ketika sudah melakukan istirahat atau tidur dalam waktu yang cukup.

Energi dalam diri seseorang akan kembali jika sudah melakukan istirahat dengan benar dalam waktu yang cukup. Para ahli menganjurkan orang dewasa tidur dalam waktu 7 sampai 9 jam per setiap harinya, tetapi tidak sedikit juga orang dewasa yang mendapatkan waktu tidur yang cukup dengan hanya tidur dalam waktu yang lebih sedikit per harinya. Keadaan lelah lebih sering timbul dalam diri seseorang meskipun orang itu sudah melakukan tidur dalam waktu yang cukup. Berikut beberapa alasan yang dapat menjadi penyebabnya, antara lain:

  1. Terlalu banyak makan karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti gula adalah zat yang dapat menyerap energi dengan cepat sehingga terjadi kenaikan pada gula darah seseorang yang hanya bersifat sementara dan akan cepat turun kembali. Keinginan mendapatkan energi secara instan ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan energi yang didapat cepat terkuras kembali sehingga mendapatkan keadaan lelah.

  1. Kurang melakukan olahraga

Olahraga dengan benar akan memberikan dampak yang baik terhadap tubuh. Namun, pemilihan jam olahraga yang mendekati waktu tidur merupakan keputusan yang kurang tepat karena rasa lelah yang timbul akan membuat tubuh menjadi sulit tidur.

  1. Memperhatikan asupan kafeina dalam tubuh

Saat ini sudah banyak olahan kafeina yang diolah dan dijadikan sebagai tambahan dalam mengonsumsi minuman setiap harinya. Olahan kafeina di era sekarang ini sangat mudah ditemukan karena saat ini kafeina tidak hanya diminati oleh orang dewasa saja, melainkan remaja bahkan sampai anak-anak. Kafeina berada dalam tubuh manusia kurang lebih selama 10—14 jam sehingga tidak dianjurkan untuk meminum kopi dan olahan kafeina lainnya setelah makan siang karena dapat menimbulkan respon aktif yang membuat seseorang sulit tidur.

Jika Anda masih merasa lelah meskipun sudah tidur dalam waktu yang cukup, cobalah pertimbangkan penyebab lelah yang sudah dipaparkan pada kajian di atas. Mulailah melakukan kegiatan dan mengonsumsi makanan dengan porsi dan waktu yang seimbang untuk mengurangi kelelahan yang Anda rasakan.

 

Research and Development by Rima Oktapiani

Edited by Tengku Ananda

 

Source :

https://youtu.be/2exVPzYQqYc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *