3 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

3 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sumber: https://cherishacademy.sch.id/

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, di mana masa depan suatu bangsa bergantung kepada sistem pendidikan yang ada dalam negara tersebut. Pendidikan juga merupakan komponen terpenting dalam kemajuan suatu negara. Wajar jika pendidikan menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh semua pihak. Banyak sekali negara maju di dunia yang tidak lepas dari peran pendidikan yang ada di negaranya. Bahkan, ada beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

  1. Finlandia

Sumber: https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/

Finlandia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara yang terletak di ujung Benua Eropa ini memiliki sistem pendidikan yang unik dan menarik untuk disimak. Keunikan itu mulai dari menggratiskan biaya pendidikan, tidak adanya seragam dan Ujian Nasional (UN), serta suasana belajar yang tergolong santai dan informal. Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, hal itu tidak terlepas dari kebijakan yang dilakukan, yaitu menitikberatkan kualitas guru atau tenaga pengajar. Hanya orang-orang terpilih yang bisa menjadi guru. Mereka percaya juga bahwa pekerjaan mendidik anak adalah pekerjaan yang penting dan harus diberi apresiasi lebih. Selain itu, warga Finlandia juga sudah ditanamkan kecintaan membaca buku sejak dini sehingga mereka terbiasa menerima ilmu dan informasi dari buku-buku yang mereka baca.

  1. Cina

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia selanjutnya adalah negara Cina yang tercatat dalam PISA (Programme for International Student Assessment), sebuah program yang melakukan studi tentang prestasi anak berusia 15 tahun dan bertugas menaungi perkembangan ekonomi di dunia. Beberapa daerah yang ada di Cina memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, khususnya di wilayah Shanghai dan Hongkong. Negara Cina merupakan negara yang berhasil dalam segala bidang, seperti ekonomi, teknologi, industri pangan, dan seni. Selain itu, negara ini juga memiliki sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif yang dapat kita lihat dari cara bersaing mereka dengan negara maju lainnya.

  1. Kanada

Sumber: https://www.smartresize.com/

Kanada menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Kanada dikenal sebagai negara yang memiliki standar dan kualitas pendidikan yang sangat baik. Faktor utama yang membantu negara ini dalam mewujudkan hal tersebut adalah karena Kanada memiliki anggaran khusus untuk pendidikan setiap tahunnya dan adanya program wajib belajar seperti di Indonesia. Kanada menanamkan pandangan akan pentingnya pendidikan bagi kemajuan pribadi dan negara sehingga mereka memiliki tanggung jawab atas Pendidikan kepada setiap warga negaranya. Adapun dalam hal biaya hidup dan pendidikan, di Kanada biaya pendidikannya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan negara Eropa atau Amerika Utara lainnya. Tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa ke Kanada. Sebagai penyeimbang, Kanada juga menawarkan kestabilan politik sehingga dengan kondisi minim polemik, pendidikan dapat dibangun dan dijunjung tinggi.

(MR/RIV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *