MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG PENDIDIKAN VOKASI

Vokasi merupakan salah satu kata yang cukup asing di kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang meremehkan pendidikan vokasi. Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global. Program vokasi ini biasanya memberikan pilihan program studi yang memang dikhususkan untuk orang-orang yang lebih senang kuliah dengan praktik daripada menghafal teori. Bagi sebagian orang, pendidikan vokasi masih dianggap remeh dan terkesan mudah. Sekadar informasi, Pendidikan vokasi sudah terlaksana dan ada di beberapa kampus di Indonesia, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Brawijaya (UB), dan masih banyak kampus lainnya.

Sumber: https://www.harianaceh.co.id/

Pendidikan vokasi sudah lebih maju dan bertransisi dari masa ke masa. Hal ini karena pendidikan vokasi sangat mengutamakan kemajuan teknologi yang ada. Mahasiswa diharapkan agar lebih terampil dan bertanggung jawab ketika melakukan sebuah praktik dalam agenda perkuliahan. Sampai saat ini, pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berhasil menciptakan platform khusus untuk pendidikan vokasi. Saat ini Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi dipimpin oleh Wikan Sakarinto. Wikan Sakarinto sendiri merupakan lulusan dari program vokasi. Jadi, mulai sekarang jangan anggap remeh vokasi lagi, yaa, teman-teman.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/

Pendidikan vokasi merupakan salah satu jenis pendidikan yang sangat difasilitasi oleh pemerintah. Banyak program-program khusus yang ditawarkan salah satunya, yaitu Program Kerja Lapangan (PKL). Mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dengan dunia kerja melalui PKL ini. PKL biasa dilaksanakan pada semester 5 (untuk program diploma). Pemerintah sangat memfasilitasi info-info terbaru untuk para mahasiswa yang akan memulai PKL-nya. Saat ini, PKL lebih dikenal dengan istilah magang. PKL bisa dilaksanakan dan dilakukan pada semester berapa pun. Akan tetapi, kembali lagi pada kebijakan universitas karena beberapa kampus ada yang mewajibkan mahasiswanya untuk mendaftar PKL pada semester 5.

Seperti yang kita ketahui, vokasi merupakan sebutan untuk mahasiswa yang mengambil program kuliah diploma. Untuk program diploma sendiri biasanya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Diploma 3 dan Diploma 4. Diploma 3 berarti program kuliah yang menawarkan perkuliahan dalam rentang waktu 3 tahun. Gelar dari Diploma 3 adalah A.Md. atau Ahli Madya, sedangkan Diploma 4 adalah program kuliah yang menawarkan perkuliahan dalam rentang waktu 4 tahun. Gelar dari Diploma 4 adalah S.Tr.

Sumber: https://old.ui.ac.id/

Jadi, untuk kalian para calon mahasiswa jangan ragu untuk mengambil pendidikan vokasi, ya, karena vokasi adalah program perkuliahan yang menyenangkan dengan persentase 70% praktik dan 30% teori. Vokasi juga memiliki banyak program studi yang bisa kalian pilih. Misalnya, ada prodi D3 Administrasi Perkantoran, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Perpajakan, D4 Teknik Sipil, D4 Akuntansi Keuangan, dan masih banyak lagi pilihan program studi yang diberikan. Vokasi juga sangat menyiapkan keterampilan dan melatih tanggung jawab kalian yang nantinya akan menjadi bekal kalian setelah lulus dari kehidupan universitas. Perlu kalian ketahui bahwa untuk program pendidikan vokasi, kalian tidak akan bertemu dengan skripsi. Akan tetapi, kalian akan membuat laporan magang yang menjadi syarat kompetensi kelulusan. Jangan takut belajar karena kita semua sama-sama belajar untuk berkembang. Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia!

(ACP/SYA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibomcasibom
betciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetciobetcio