KALIAN HARUS TAU! INI DIA PEKERJAAN YANG DIBUTUHKAN DI MASA DEPAN

Sekarang ini pekerjaan merupakan hal yang sulit dicari, baik itu bagi para fresh graduate maupun orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. Saat ini juga muncul tren pekerjaan yang paling banyak dicari atau dibutuhkan akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Apalagi, pada masa pandemi COVID-19 yang rupanya sudah memberikan perubahan besar bagi dunia pekerjaan.

Maka dari itu, tentunya kita harus mengetahui apa saja pekerjaan yang akan dibutuhkan oleh perusahaaan kedepannya, khususnya  bagi para calon pekerja. Dengan kita mengetahui apa saja pekerjaan yang akan dibutuhkan kedepannya, kita lebih mudah untuk mencari pekerjaan

Sumber: liputan6.com

Mengutip laporan dari World Economic Forum (WEF) Future of Jobs Report 2020, terdapat 85 juta jenis peran pekerjaan yang tergantikan dalam lima tahun ke depan dan akan digantikan oleh pekerjaan yang baru. Lalu, tahukah kalian pekerjaan yang akan paling dibutuhkan oleh perusahaan? Berikut ini, pekerjaan yang memiliki prospek menjanjikan dan paling dicari perusahaan untuk beberapa tahun mendatang.

  1. Data Analyst atau Data Scientist

Data analyst sendiri merupakan peran yang meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya.

  1. Big Data Specialist

Era teknologi sekarang ini sangat bergantung dengan adanya penggunaan big data dalam membangun bisnis. Big Data Specialist memiliki peran dalam mengambil dan mengolah data yang berguna bagi manajemen perusahaan untuk menciptakan pemecahan masalah sekaligus solusi bisnisnya.

  1. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Artificial Intelligence (AI) dikenal sebagai kecerdasan buatan yang mana sering dikaitkan dengan sistem komputer dalam meniru cara berpikir manusia yang berguna untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Peran AI sendiri membantu berbagai industri dalam mengefisiensi bisnis serta memberikan kepuasan dalam pelanggan. Salah satu bagian dari AI adalah machine learning, yang merujuk pada software dan hardware. Machine learning membutuhkan algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah, volume, dan skala besar.

  1. Business Development Specialist

Sesuai dengan namanya, Business Development berperan dalam menumbuhkembangkan bisnis melalui berbagai macam strategi, baik itu strategi B2B (Business to Business), B2C (Business to Customer), B2G (Business to Government), dan lain-lain. Peran Business Development sendiri berkaitan erat dengan peran sales executive, yang memiliki tujuan sama, yakni untuk memperoleh revenue bagi perusahaan.

  1. Digital Marketing dan Specialists

Dalam sebuah perusahaan, bagian paling penting, yakni mempromosikan bisnis demi mendapatkan revenue (pendapatan) sebagai hasilnya. Untuk itu, digital marketing merupakan peran yang paling tepat dan relevan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa di mana, pada masa sekarang setiap masyarakat telah bergantung pada aktivitas secara online. Orang yang memiliki keterampilan dalam digital marketing akan paham bagaimana menggunakan tools digital marketing dalam membantu proses pemasaran bisnisnya.

Dengan demikian, itulah pekerjaan–pekerjaan yang nantinya akan dibutuhkan perusahaan. Akan tetapi, dengan tanpa menutup kemungkinan pekerjaan lainnya tidak dibutuhkan atau bahkan para lulusan yang sesuai pada pekerjaan diatas akan mudah mendapatkan pekerjaan karena juga nantinya akan banyak persaingan ketat tiap individunya. (DVY/VAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio