Media Pers Membantu Hidup Jadi Lebih Mudah

Dewasa ini kita telah berada di era digital, era dimana segala bentuk informasi dapat kita peroleh serta sebar dengan cepat dan mudah melalui situs jejaring sosial yang dapat diakses kapan dan dimana saja melalui gawai kita masing–masing. Penyebaran segala bentuk informasi di era digital ini tidak lepas dari peran media massa atau pers yang menjadi sarana untuk kita menyampaikan berbagai macam informasi–informasi penting yang sedang terjadi, akan terjadi, dan telah terjadi di dunia ini.

Media pers pada era digital ini telah bertransformasi dengan cepat, jika dahulu media pers hanya berupa media cetak (koran dan majalah), sekarang media pers sudah bertransformasi menjadi media digital atau internet. Media digital adalah tempat untuk menyampaikan informasi yang kontennya hanya dapat diakses melalui gawai saja. Bentuk dari media digital dapat berupa media sosial, website, blog, video serta audio digital, dan banyak lagi.

Peran Media Pers Dalam Mengedukasi Masyarakat

Media Pers dapat mengedukasi masyarakat melalui informasi yang mereka sampaikan. Tentunya informasi yang disampaikan harus baik dan benar agar masyarakat yang membaca dan melihat informasi yang disampaikan bisa mendapat manfaat yang berguna bagi kehidupannya karena tujuan dari edukasi adalah untuk mendidik, memberi pengetahuan, dan mengubah pola pikir masyarakat dalam melihat permasalahan yang ada.

Kita bisa melihat informasi mengenai pandemi covid-19 sebagai contoh bagaimana media pers mengedukasi masyarakat. Media pers mengedukasi masyarakat luas dengan memberikan informasi mengenai penerapan protokol kesehatan yang baik saat kita ingin keluar rumah untuk melakukan aktivitas dan memberitahu bahaya atau risiko yang kita akan terima ketika kita keluar rumah untuk melakukan aktivitas. Selain itu, Media pers juga memberikan informasi tentang pendapat–pendapat para ahli di bidang kesehatan mengenai apa itu virus covid-19, apa yang harus dilakukan ketika terinfeksi virus covid-19, dan cara agar tetap sehat dan aman dari virus covid-19. Informasi–informasi yang dibagikan oleh media pers juga sangat beragam bentuknya serta mudah dibaca dan didapatkan karena di era digital seperti sekarang ini kebanyakan informasi yang diberikan oleh media pers merupakan informasi digital, contohnya info grafis, poster, dan video digital

Informasi–informasi dalam bentuk digital ini harus lebih banyak lagi dibagikan oleh media pers karena pengguna internet diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya yang memungkinkan juga kebanyakan orang nantinya akan lebih sering membaca dan melihat informasi dalam bentuk digital dibandingkan informasi dalam bentuk konvensional. Selain itu, Informasi–informasi dalam bentuk digital juga sangat cocok untuk mengedukasi masyarakat karena memiliki visual yang menarik dan memberikan informasi dengan singkat serta mudah dimengerti.

Media Pers Sebagai Penghubung Komunikasi Antara Pemerintah Dan Masyarakat

Agar Informasi–informasi yang disampaikan oleh pemerintah mengenai kebijakan–kebijakan, program–program baru, dan kemungkinan–kemungkinan bencana yang akan terjadi di suatu negara dapat tersampaikan ke berbagai daerah, pemerintah memerlukan media pers sebagai sarana untuk menyampaikan informasinya. Pemerintah membutuh media pers untuk membantu menyampaikan informasi karena media pers dapat menjangkau banyak masyarakat dengan mudah. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, informasi–informasi yang diberikan oleh media pers telah bertransformasi ke bentuk digital sehingga memiliki visual yang lebih menarik serta bisa diakses, dibaca, dan dimengerti dengan mudah.

Media pers memiliki peran yang besar dalam informasi–informasi yang kita lihat dan baca di website, blog, media sosial, dan video digital. Peran media pers dalam mengedukasi masyarakat dan menjadi penghubung komunikasi antara pemerintah dan masyarakat memberi dampak positif bagi kita sebagai penerima informasi. Menambah wawasan dan pengetahuan, melatih kemampuan kita dalam berpikir kritis terhadap suatu permasalahan, serta meningkatkan kewaspadaan merupakan manfaat yang kita bisa dapatkan dari informasi yang disampaikan oleh media pers. Ketidakhadiran media pers bisa menjadi masalah bagi banyak orang, kebanyakan orang mungkin akan kebingungan saat ingin mengetahui sesuatu tapi tidak ada informasi yang bisa dibaca dan dilihat. Oleh karena itu, keberadaan media pers sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi–informasi agar orang tidak merasa bingung saat suatu hal terjadi. Terakhir, media pers juga harus terus bertransformasi menjadi lebih modern apalagi di era digital seperti sekarang ini kebanyakan orang lebih banyak membaca dan melihat informasi dalam bentuk digital.

 

Penulis: Farid Izlal 

 

Daftar Pustaka

Kartiwa, I. (2022, Februari 11). Fungsi Pers Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Diambil kembali dari Indonesiana.id: https://www.indonesiana.id/read/153268/fungsi-pers-dalam-memajukanpendidikan-nasional

Romeltea. (2017, Desember 22). Pengertian, Fungsi, dan Peran Media Pers. Diambil kembali dari romeltea.com: https://romeltea.com/fungsi-peranmedia-pers/

Yakub, E. M. (2018, Agustus 24). Dewan Pers: pers jadi jembatan komunikasi pemerintah-masyarakat. Diambil kembali dari bali.antaranews.com: https://bali.antaranews.com/berita/131208/dewan-pers-pers-jadi-jembatankomunikasi-pemerintah-masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

casibom
betcio