ROADSHOW PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNJ

(Sumber: Zoom Meetings PMW UNJ 2024)

Jakarta – Minggu, 18 Maret 2024, Program Mahasiswa Wirausaha UNJ, telah berhasil melaksanakan acara yang bernama Roadshow PMW UNJ 2024. Roadshow PMW UNJ pada 2024 ini mengangkat tema  “Empowering Local Economic Growth: Sustainable Entrepreneurship to Build a Prosperous Young Generation”. Program Mahasiswa Wirausaha  UNJ jni merupakan program yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta sebagai wadah sebuah sarana dan prasarana bagi mahasiswa UNJ yang memiliki ide bisnis dan ingin merealisasikan ide bisnis tersebut.

Target Kemenristekdikti untuk bidang kewirausahaan adalah 2% atau 400 Mahasiswa dari keseluruhan mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang  memiliki kemampuan di bidang kewirausahan. Maka dari itu, program mahasiswa ini dilaksanakan. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (Entrepreneurship) berbasis Iptek kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

(Sumber: Zoom Meetings PMW UNJ 2024)

Roadshow PMW UNJ 2024 dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting. Roadshow ini mendorong mahasiswa oleh kampus atas Kemendikbud untuk bisa menjadi seseorang yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan, tidak hanya menjadi pencari kerja.  Seminar ini dimulai kurang lebih pada pukul 09.30 WIB dengan pembukaan oleh MC, Amanda Juanita dan moderator, Raihan Kamilun Amin. Kemudian, acara dilanjutkan dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ. Lalu ada sambutan dari ketua pelaksana PMW UNJ 2024, yaitu Muhamad Rifqi Ramadhan yang akan memaparkan materi pada Roadshow PMW UNJ 2024. Kemudian, akan ada sesi Roadshow fakultas dan dilanjutkan sesi tanya jawab, sekaligus penutupan dan doa oleh MC Roadshow PMW UNJ 2024. Setelah pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ selesai, MC mempersilakan moderator untuk memimpin sesi materi bersama dengan pemateri Roadshow PMW UNJ 2024, yaitu Muhamad Rifqi Ramadhan sebagai staf eksekutif produser di PMW UNJ tahun 2024. Pemateri memberikan materi yang sesuai dengan tema acara Roadshow PMW UNJ 2024. Beliau menjelaskan secara detail materi mengenai Program Mahasiswa Wirausaha dan susunan Pitch Deck.

(Sumber: Zoom Meetings PMW UNJ 2024)

Pemateri memberikan materi yang sesuai dengan tema acara Roadshow PMW UNJ 2024. Beliau menjelaskan secara detail materi mengenai bagaimana menjadi seorang pengusaha dengan ide kreatif serta inovatif dalam membuka peluang usaha, mulai dari menjelaskan tentang karakteristik PMW umum dan PMW digital, definisi pitch deck, hingga contoh dari sebuah icon pitch deck, potential market, solution, potential costumer, distribution chanel, hard selling, scope market, marketing trigger, expansion strategy hingga investment dan projection.

Selesai memberikan materi, moderator membuka sesi tanya jawab kepada para peserta. Setelah banyak pertanyaan dari peserta telah ditampung oleh moderator, pemateri menjawab seluruh pertanyaan satu per satu. Selesai dari sesi tanya jawab, pemateri memberikan closing statement-nya kepada para peserta dan bagi para peserta yang masih ingin mengetahui dan melihat lebih jauh mengenai PMW UNJ 2024, silakan pelajari lebih lanjut di link Informasi PMW 2024, linktr.ee/pmwunj2024.

Setelah sesi pemaparan materi berakhir, moderator pamit undur diri dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi. Sebelum seluruh rangkaian acara resmi ditutup, MC  memimpin doa penutup acara. Setelah doa selesai, MC secara resmi menutup acara Roadshow PMW UNJ 2024. Namun, sebelum peserta dipersilakan keluar, panitia dan peserta melakukan sesi dokumentasi bersama terlebih dahulu. Setelah selesai, para peserta diperbolehkan keluar dari room Zoom yang menandakan selesainya acara Roadshow PMW UNJ 2024.

Opini: ”Menurut saya, diadakannya Program Mahasiswa Wirausaha UNJ ini sangat positif dan berkesan. Program wirausaha untuk mahasiswa dapat membantu mahasiswa dalam mendorong kesadaran wirausaha, memulai usaha, dan menciptakan wirausaha baru. Peluang ini untuk para mahasiswa di luar sana yang mempunyai ide bisnis brilliant, tetapi tidak mempunyai wadah untuk direalisasikannya. Nah, Program Mahasiswa Wirausaha ini, cocok untuk mereka yang ingin  menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya yang di dukung oleh pemerintah, pihak kampus, dimodalkan sebesar Rp20.000.000, dan mendapatkan pengalaman berwirausaha dan networking dengan 50 bisnis yang berjalan pertahunnya.” (KNY/CHA)

Tags: #EconoChannelCollaborative, #RoadshowPMWUNJ2024, #PMWUNJ2024, #ProgramMahasiswaWirausaha, #PitchDeck, #WirausahaMahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *