Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah untuk Guru SMK DKI Jakarta

Pada hari Kamis, 16 Mei 2024 telah berlangsung pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru SMK DKI Jakarta yang bertempat di SMKN 2 Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok pengabdian masyarakat yang didanai LPPM UNJ, diketuai oleh Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd sekaligus Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Bisnis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah sebagai bentuk kontribusi dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan  narasumber yang ahli dalam bidangnya, yaitu Bapak Ardinda Satria Daniswara, S.Pd, yang merupakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Taman Siswa 1, yang juga sekaligus alumni dari Program Studi Pendidikan Bisnis, sehingga kegiatan ini juga menjadi wadah aksi nyata bagi alumni untuk mengabdi kepada masyarakat.

Kegiatan dimulai pada pukul 8:30 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB yang bertempat di Ruang Aula SMKN 2 Jakarta. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan SMKN 2 Jakarta dan MGMP Akuntansi Wilayah 1 Jakarta untuk memperkokoh kemitraan Prodi dengan stakeholder instansi pendidikan.

Setelah pemaparan setiap materi, kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab yang dibuka untuk seluruh peserta kegiatan. Setelah sesi tanya jawab, kemudian beralih ke  sesi workshop bersama narasumber dengan mempraktikkan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Kegiatan ini berfokus untuk memberikan wawasan kepada Guru SMK mengenai  penyusunan proposal penelitian dan pelatihan karya tulis ilmiah.  FE UNJ dengan sengaja mengangkat tema ini karena mengingat kebutuhan Guru SMK terkait penyusunan proposal penilitian tindakan kerja secara benar dan tepat sekaligus untuk memberikan tips dalam penulisan karya ilmiah. Sehingga dengan adanya topik yang sangat menarik dan relevan ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan wawasan bagi para Guru SMK.

Program ini merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu mengabdi kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar berkat partisipasi dan keterkaitan semua pihak, terutama pihak partisipan yang menghadiri kegiatan ini. Hasil kegiatan ini diharapkan menambah wawasan para peserta acara sekaligus sebagai guru dan masyarakat untuk memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam penulisan karya ilmiah. (Maisarah Elvia/NBL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *